PENGARUH SUPLEMENTASI TEPUNG DAUN KELOR (Moringaoleifera) PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN BAUNG (Mystus nemurus)

Media Pramudita, 1414111045 (2018) PENGARUH SUPLEMENTASI TEPUNG DAUN KELOR (Moringaoleifera) PADA PAKAN TERHADAP PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN BAUNG (Mystus nemurus). F. PERTANIAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2545Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2545Kb) | Preview

Abstrak

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang sangat kaya akan kandungan nutrisinya. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan digunakannya daun kelor sebagai suplementasi pada pakan ikan baung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan ikan baung yang diberi pakan dari tepung daun kelor dan untuk mengetahui proporsi penambahan tepung daun kelor yang paling tepat pada pakan ikan baung. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, dengan suplementasi tepung daun kelor 0%, 2%, 4%, dan 6% ke dalam pakan komersil yang telah dihancurkan. Parameter yang diamati meliputi pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan harian, konversi pakan, retensi protein, kelangsungan hidup dan kualitas air. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji duncan pada selang kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh nyata penambahan tepung daun kelor pada pakan terhadap performa pertumbuhan ikan baung. Perlakuan 4% menujukkan hasil yang terbaik dibandingkan dengan perlakuan lainnya, karena memiliki performa pertumbuhan berat mutlak tertinggi yaitu (34,70±0,00 g) dan pertumbuhan harian tertinggi (0,58±0,00 g/hari). Kata kunci : Daun kelor, ikan baung, pertumbuhan, pakan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Budidaya . Perikanan . Angling
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Budidaya Perairan
Depositing User: 188944941 . Digilib
Date Deposited: 02 Jan 2019 08:54
Last Modified: 02 Jan 2019 08:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55140

Actions (login required)

View Item View Item