PERAN KELEMBAGAAN DESA DALAM MEWUJUDKAN INOVASI DESA BERBASIS POTENSI DESA (Studi Pada Desa Wonokarto, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur)

PRADITA IRWANDARI, 1516041046 (2019) PERAN KELEMBAGAAN DESA DALAM MEWUJUDKAN INOVASI DESA BERBASIS POTENSI DESA (Studi Pada Desa Wonokarto, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3012Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1625Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Desa merupakan aktor yang diharapkan mampu meningkatkan perkembangan industri kreatif. Desa memiliki beragam potensi dan sumberdaya yang bila diolah secara efektif dapat menjadi produk unggulan desa. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut diadakan inovasi desa. Inovasi desa itu sendiri dibuat berdasarkan tujuan untuk mendorong penggunaan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lrbih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakan peran Kelembagaan Desa yang berada di Desa Wonokarto dalam mewujudkan inovasi desa berdasarkan potensi yang ada di desa tersebut. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kelembagaan desa dalam menjalankan perannya sudah berjalan cukup baik, dengan diadakannya inovasi desa ini membuat masyarakat merasa bangga karena telah ada kemajuan dalam pembangunan desa. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan yang sangat perlu untuk diperbaiki kembali supaya pembangunan desa yang dilaksanakan dapat berjalan dengan sangat baik dan dapat terwujudnya inovasi desa yang baik sesuai dengan potensi yang ada di Desa Wonokarto. Kata Kunci : Peran, Kelembagaan Desa, Inovasi Desa, Potensi Desa Village is an actor that is expected to improve the development of creative industry. Villages have a variety of potentials and resources, if processed effectively, can become village superior products. Therefore, to realize that the innovation of the village is held. The village innovation itself is made based on the aim to encourage the use of Village Funds that are more qualified, effective and efficient through various development activities and empowerment of village communities that are more innovative and sensitive to the needs of village communities. This research aims to determine the role of the village institutional in Wonokarto village in realizing the village innovation based on the potential of the village.The type of research used is a descriptive type with a qualitative approach. Data collection is done by interviews, documentation, and observation. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the village institution in carrying out its role has run quite well, with the holding of this village innovation makes the community feel proud because there has been progress in village development. But in its implementation there are still shortcomings that need to be repaired again so that the village development carried out can run very well and can realize good village innovation in accordance with the potential in Wonokarto Village. Keywords : Role, Village institutional, village innovation, village potential

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 Mar 2022 15:43
Terakhir diubah: 19 Mar 2022 15:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55146

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir