APLIKASI SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT SERTA CARA PENGENDALIANNYA PADA TANAMAN KARET DENGAN METODE TEOREMA BAYES BERBASIS ANDROID

UCHI HIDAYAT, 1217051065 (2018) APLIKASI SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT SERTA CARA PENGENDALIANNYA PADA TANAMAN KARET DENGAN METODE TEOREMA BAYES BERBASIS ANDROID. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (1380Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2224Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2556Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK APLIKASI SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT SERTA CARA PENGENDALIANNYA PADA TANAMAN KARET DENGAN METODE TEOREMA BAYES BERBASIS ANDROID Oleh UCHI HIDAYAT Mengidentifikasi penyakit dengan bermacam-macam gejala yang terdapat pada tanaman karet dan mengetahui cara pengendaliannya tentunya sulit bagi kita sebagai orang awam untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara cepat dan tepat. Keterbatasan seorang pakar membuat penanganan penyakit tanaman karet menjadi sulit dilakukan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem pakar yang mampu mengidentifikasi penyakit tanaman karet serta cara pengendaliannya berdasarkan pengetahuan yang diberikan langsung oleh pakar atau ahlinya. Penelitian ini menerapkan metode pehitungan teorema bayes untuk menghitung presentase nilai kepakarannya. Aplikasi ini dibuat pada mobile device platform Android. Metode inferensi yang digunakan adalah fordward chaining dengan menelusuri aturan-aturan berdasarkan jawaban yang diberikan oleh pengguna dalam bentuk tanda check (√). Jawaban pengguna kemudian dihitung menggunakan metode Teorema Bayes, hasil perhitungannya yaitu berupa nilai presentase dan pengguna dapat langsung melihat cara pengendalian penyakit yang teridentifikasi. Pengujian dari aplikasi ini menggunakan metode Black Box Equivalence Partitioning (EP). Perhitungan hasil identifikasi dengan membandingkan perhitungan manual dan perhitungan sistem 99% sudah sesuai dan berjalan dengan baik. Pengujian kuesioner dibedakan menjadi 2 Variabel yaitu Variabel User Friendly dan Variabel Interaktif. Pengujian variabel User Friendly memperoleh nilai rata-rata 89,04% dan pengujian Variabel Interaktif memperoleh nilai rata-rata 86,56%. Dengan hasil uji coba sistem menunjukkan aplikasi ini layak untuk digunakan. Kata Kunci : pengendalian penyakit tanaman karet, sistem pakar, tanaman karet, teorema bayes.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 188506026 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2019 07:04
Last Modified: 01 Feb 2019 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55177

Actions (login required)

View Item View Item