STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BAHARI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN ( Studi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pulau Pahawang)

YUAN HADI PANGESTU, 1516041056 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BAHARI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN ( Studi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pulau Pahawang). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1500Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1499Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1500Kb) | Preview

Abstrak

Pengembangan objek wisata bahari di Pulau Pahawang belum berkontribusi secara maksimal terhadap pendapatan asli daerah (PAD) oleh sebab itu Dinas Pariwisata Kabupaten berupaya untuk memaksimalkan potensi pariwisata dengan melakukan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya guna meningkatkan pendapatan daerah. Tujuan penelitian ini strategi pengembangan objek wisata bahari dalam meningkatkan pendapatan daerah khususnya di objek wisata bahari Pulau Pahawang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran mengembangkan potensi pariwisata dengan menggunakan strategi komunikasi, strategi pemasaran, dan strategi kreatif. Bentuk strategi komunikasi adalah dengan cara Pokdarwis memberikan informasi, masalah/kendala di sektor pariwisata Pulau Pahawang kepada Dinas Pariwisata agar dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu Dinas Pariwisata mengadakan acara Muli Mekhanai Duta Wisata untuk mempromosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran. Bentuk startegi kreatif objek wisata Pulau Pahawang adalah membuat olahan makanan yang berasal dari biji mangruf untuk dijadikan ciri khas Pulau Pahawang. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan, maka dapat diambil kesimpulan dari ketiga strategi yang dilancarkan untuk pengembangan objek wisata Pulau Pahawang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup signifikan, dilihat dari wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya mengalami peningkatan pendapatan. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Strategi Pemasaran, Strategi Kreatif. The development of marine tourism objects on Pahawang Island has not yet maximally contributed to local revenue (PAD), therefore the Regency Tourism Office seeks to maximize tourism potential by developing and utilizing resources to increase regional income. The purpose of this study is to increase regional income, especially in the marine tourism object of Pahawang Island. The method used is a qualitative approach with data collection techniques interviews, observation, and documentation. The results showed that the Pesawaran District Tourism Office developed tourism potential by using communication strategies, marketing strategies, and creative strategies. The form of communication strategy is to provide information, problems / constraints in the tourism sector of Pahawang Island to the Department of Tourism in order to help overcome these problems. The marketing strategy undertaken by the Tourism Office held the Muli Mekhanai Tourism Ambassador event to promote tourism objects in the Pesawaran Regency. The form of creative strategy of Pahawang Island tourist attraction is to make food preparations derived from mangruf seeds to be the hallmark of Pahawang Island. The conclusion of the research based on the results of the research that has been described, it can be concluded that the three strategies launched for the development of Pahawang Island tourism objects have a significant success rate, seen from tourists who visit each year has increased. that way Pahawang Island can boost the region's original income. Keywords: Communication Strategy, Marketing Strategy, Creative Strategy.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 Mar 2022 16:53
Last Modified: 19 Mar 2022 16:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55177

Actions (login required)

View Item View Item