DEWI SETIAWATI, 0913022004 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI KEMAGNETAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2_ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3_COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Menyetujui.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5_MENGESAHKAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6_SURAT PERNYATAAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7_RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8_MOTTO.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9_PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10_SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11_DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12_DAFTAR TABEL.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13_DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (414Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (411Kb) | Preview |
|
|
File PDF
IV.pdf Download (373Kb) | Preview |
|
|
File PDF
V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Media pembelajaran berperan penting dalam menjadikan suatu proses pembelajaran berlangsung secara efektif, menarik, dan efisien. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMP Negeri 7 Kotabumi, penggunaan media pembelajaran masih mendapatkan beragam kendala seperti pada penerapan kemagnetan sulitnya mencari media yang sesuai dengan materi serta keterbatasan kemampuan media dalam menunjukkan konsep yang diharapkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada materi kemagnetan yang efektif, menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat bagi siswa. Media pembelajaran berisi tujuan pembelajaran, materi yang ditampilkan dengan teks, animasi, simulasi, gambar, suara, video, latihan soal dan uji kompetensi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Prosedur pengembangan yang digunakan memodifikasi desain pengembangan media instruksional oleh Sadiman, dkk. Tahapan prosedur pengembangan adalah Dewi Setiawati analisis kebutuhan, tujuan, menentukan pokok materi, membuat sinopsis, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba produk, dan program final. Uji coba produk adalah uji lapangan terhadap satu kelas yang terdiri dari 23 siswa. Uji lapangan menggunakan instrumen angket kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan serta instrumen kefektifan produk berupa soal pilihan jamak untuk pre-test dan post-test. Hasil uji ahli menunjukkan, media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu dan uji lapangan menunjukkan kualitas media pembelajaran kemagnetan adalah efektif, sangat menarik, sangat mudah digunakan dan sangat bermanfaat bagi siswa. Uji lapangan memperoleh hasil sebesar 43,48% siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan post-test sebesar 91,30% siswa mencapai KKM, sehingga terdapat kenaikan persentase ketercapaian KKM siswa antara pre-test dan post-test sebesar 47,82 % Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran interaktif, kemagnetan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan > Karya Karya Umum = 000 > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 04:04 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2014 04:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5519 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |