PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI KEMAGNETAN

DEWI SETIAWATI, 0913022004 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI KEMAGNETAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3_COVER DALAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Menyetujui.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5_MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6_SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8_MOTTO.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9_PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10_SANWACANA.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11_DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12_DAFTAR TABEL.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II.pdf

Download (414Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III.pdf

Download (411Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
IV.pdf

Download (373Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Media pembelajaran berperan penting dalam menjadikan suatu proses pembelajaran berlangsung secara efektif, menarik, dan efisien. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMP Negeri 7 Kotabumi, penggunaan media pembelajaran masih mendapatkan beragam kendala seperti pada penerapan kemagnetan sulitnya mencari media yang sesuai dengan materi serta keterbatasan kemampuan media dalam menunjukkan konsep yang diharapkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada materi kemagnetan yang efektif, menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat bagi siswa. Media pembelajaran berisi tujuan pembelajaran, materi yang ditampilkan dengan teks, animasi, simulasi, gambar, suara, video, latihan soal dan uji kompetensi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Prosedur pengembangan yang digunakan memodifikasi desain pengembangan media instruksional oleh Sadiman, dkk. Tahapan prosedur pengembangan adalah Dewi Setiawati analisis kebutuhan, tujuan, menentukan pokok materi, membuat sinopsis, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba produk, dan program final. Uji coba produk adalah uji lapangan terhadap satu kelas yang terdiri dari 23 siswa. Uji lapangan menggunakan instrumen angket kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan serta instrumen kefektifan produk berupa soal pilihan jamak untuk pre-test dan post-test. Hasil uji ahli menunjukkan, media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu dan uji lapangan menunjukkan kualitas media pembelajaran kemagnetan adalah efektif, sangat menarik, sangat mudah digunakan dan sangat bermanfaat bagi siswa. Uji lapangan memperoleh hasil sebesar 43,48% siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan post-test sebesar 91,30% siswa mencapai KKM, sehingga terdapat kenaikan persentase ketercapaian KKM siswa antara pre-test dan post-test sebesar 47,82 % Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran interaktif, kemagnetan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000 > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:04
Last Modified: 02 Dec 2014 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item