PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS 4 SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018

YOGA PRIMA SHAWALDA , 1113033070 (2018) PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS 4 SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2407Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1826Kb) | Preview

Abstrak

Indikator keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi salah satunya dapat dilihat pada hasil belajar siswa. upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru agar materi ajar dapat tersampaikan dengan baik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Collaborative Learning tipe Group Investigation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Collaborative Learning tipe Group Investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kotagajah tahun ajaran 2017/2018 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Collaborative Learning tipe Group Investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kotagajah tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experimental design dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan uji t dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan dari model Collaborative Learning tipe Group Investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Kotagajah tahun ajaran 2017/2018, dengan taraf signifikansi yang diperoleh ialah thitung = 8,38≥ t table = (0,95)(60) = 2,00. Besar taraf signifikansi dari pengaruh model Collaborative Learning tipe Group Investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa didapat 0,66 yang jika dimasukkan dalam interpretasi korelasi termasuk kategori tinggi. Kata Kunci : Pengaruh, Model, Collaborative Learning Tipe Group Investigation, Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 188508810 . Digilib
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:06
Last Modified: 10 Jan 2019 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55191

Actions (login required)

View Item View Item