STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT ) DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP MA TA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi P ada S iswa K elas VIII SMP N egeri 18 B andar L ampung T ahun P elajaran 2012/2013 )

Esa Norita, 0913031042 (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT ) DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP MA TA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi P ada S iswa K elas VIII SMP N egeri 18 B andar L ampung T ahun P elajaran 2012/2013 ). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER SKRIPSI.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (534Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (481Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (792Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Togeteher (NHT) dan Mind Mapping dalam mata pelajaran IPS Terpadu. Kedua model pembelajaran kooperatif diterapkan di kelas yang berbeda. Model NHT pada kelas Eksperimen dan model Mind Mapping pada kelas kontrol. Kedua kelas tersebut mempunyai rata-rata kemampuan akademis yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 339 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah sampel sebanyak 74 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Mind Mapping. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pertama diperoleh Fhitung 10,048 > Ftabel 4,03 menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel maka hipotesis diterima. (2) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model kooperatif tipe Mind Mapping. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis kedua diperoleh Thitung 4,427 > Ttabel 2,06 menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel maka hipotesis diterima. (3) Rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model kooperatif tipe Mind Mapping. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis ketiga diperoleh Thitung 1,606 < Ttabel 2,06 menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel maka hipotesis ditolak. (4) Tidak terdapat interaksi anatara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap mata pelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis keempat diperoleh Fhitung 2,694 < Ftabel 4,085 menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel maka hipotesis ditolak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Mind Mapping, Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran, Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 02 Dec 2014 06:54
Terakhir diubah: 02 Dec 2014 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5522

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir