PERBANDINGAN KARAKTERISTIK ALELOPATI ANTARA EKSTRAK DAUN SEGAR DAN KERING JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH TOMAT (Solanum lycopersicum L. var. commune)

Sarah Amalia, 1517021153 (2019) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK ALELOPATI ANTARA EKSTRAK DAUN SEGAR DAN KERING JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH TOMAT (Solanum lycopersicum L. var. commune). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2141Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2030Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan karakteristik alelopati antara ekstrak daun segar dan kering jambu biji (Psidium guajava L.) terhadap perkecambahan dan pertumbuhan kecambah tomat (Solanum lycopersicum L. var. commune). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Botani Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung dari bulan November-Desember 2018 dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ekstrak air daun kering dan daun segar jambu biji sebagai faktor utama yang terdiri dari 3 taraf konsentasi, yaitu 0% (kontrol), 1% (daun segar dan daun kering), dan 3% (daun segar dan daun kering) dengan masing-masing perlakuan pengulangan sebanyak 5 kali. Parameter dalam penelitian ini adalah panjang tunas, berat segar, berat kering, kadar air relatif, rasio tunas akar, serta kandungan klorofil. Homogenitas ragam ditentukan dengan uji levene pada taraf nyata 5%. Analisis ragam dan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak daun kering jambu biji merah (Psidium guajava L.) memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap panjang tunas, berat segar, berat kering, rasio tunas akar dan sedikit menghambat perkecambahan tomat (Solanum lycopersicum L. var. commune) dibandingkan dengan ekstrak daun segar. Kata kunci : Alelopati, Daun Jambu Biji, Tomat

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 19 Mar 2022 16:06
Last Modified: 19 Mar 2022 16:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55229

Actions (login required)

View Item View Item