PENGARUH LAMA ASOSIASI Trichoderma spp. DENGAN AKAR TANAMAN JAGUNG TERHADAP PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG

Dwi Fuji Hastuti Br Ginting, 1514121105 (2019) PENGARUH LAMA ASOSIASI Trichoderma spp. DENGAN AKAR TANAMAN JAGUNG TERHADAP PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1845Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1709Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu penyebab penurunan produksi tanaman jagung adalah penyakit bulai yang disebabkan oleh Peronosclerospora sp.. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan agensia hayati seperti Trichoderma spp.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama asosiasi antara Trichoderma spp. dengan akar tanaman jagung terhadap penyakit bulai dan pertumbuhan tanaman jagung. Penelitian dilakukan di Laboratorium Penyakit Tumbuhan Jurusan Proteksi Tanaman dan Laboratorium Lapangan Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan lama asosiasi Trichoderma spp. dengan akar tanaman jagung. Lama waktu asosiasi tersebut dilakukan pada 6 HST (P1), 9 HST (P2), 12 HST (P3), dan 15 HST (P4). Trichoderma spp. yang diaplikasikan adalah tanpa Trichoderma spp. (T0), Trichoderma sp. isolat Tegineneng (T1) dan Trichoderma sp. isolat Klinik Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lampung (T2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama asosiasi Trichoderma spp. dengan akar tanaman jagung tidak dapat menekan penyakit bulai dan meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman jagung. Umur tanaman jagung yang lebih muda lebih rentan terhadap penyakit bulai dibandingkan dengan umur tanaman jagung yang lebih tua. Kata kunci : penyakit bulai, tanaman jagung, Trichoderma spp..

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:14
Terakhir diubah: 21 Mar 2022 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir