Sofyan Pramono, 0913022068 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN RUBRIK ASESMEN IF-AT (IMMEDIATE FEEDBACK ASSESSMENT TECHNIQUE) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2.1 ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. BAB I.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. BAB II.pdf Download (356Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. BAB III.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
File PDF
4. BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (413Kb) |
||
|
File PDF
5. BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Guru dalam melakukan penilaian kepada siswa biasanya dengan cara konvensional, yakni dengan menggunakan pilihan jamak biasa. Penilaian dengan cara konvensional dirasa kurang begitu efektif, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diberikan teknik penilaian yang baru, salah satunya adalah rubrik asesmen IF-AT. Efektivitas penerapan rubrik asesmen IF-AT dalam meningkatkan hasil belajar siswa perlu diketahui dengan membandingkannya dengan penilaian konvensional (Non IF-AT), maka dilakukan penelitian dengan menerapkan penggunaan rubrik asesmen IF-AT pada materi Hukum Archimedes di SMA N 1 Kalirejo, Lampung Tengah TA. 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan rubrik asesmen IF-AT, sedangkan untuk kelompok kontrol tidak diberi perlakuan dan melakukan penilaian dengan teknik penilaian konvensional (Non IF-AT). Uji normalitas dilakukan terhadap data hasil belajar kedua kelas, didapatkan nilai Sig untuk kelas IF-AT 0,126 dan kelas kontrol 0,137. Nilai Sig kedua kelas menunjukan diatas 0,05, maka data tersebut berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent samples t test, dimana hasil yang didapatkan yakni nilai thitung sebesar 2,901. Nilai thitung tersebut lebih besar dari ttabel, dimana ttabel untuk penelitian ini sebesar 1,671 (2,901 > 1,671) dan nilai probabilitas atau Sig yang diperoleh adalah sebesar 0,005, dimana nilai Sig tersebut lebih kecil dari 0,050 (0,005 < 0,050). Nilai ttabel dan Sig tersebut menunjukan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan rubrik asesmen IF-AT dalam meningkatkan hasil belajar siswa lebih efektif dibandingkan dengan teknik penilaian konvensional (Non IF-AT). Kata kunci: efektivitas, penilaian, IF-AT (Immediate Feedback Assesment Technique), hasil belajar. ABSTRACT Teachers in assessing students usually use the conventional way, by using the usual multiple choice. Assessment in the conventional manner deemed less effective, to overcome these problems it is necessary to be given a new assessment techniques, one of which is the assessment rubric IF-AT. The effectiveness of the application of assessment rubrics IF-AT in improving student’s learning outcomes should be determined by comparing it with the conventional assessment (Non IF-AT), the research conducted by implementing the use of assessment rubrics IF-AT in materials law of Archimedes in SMA N 1 Kalirejo, Central of Lampung school year 2012/2013. The research method used was quasi-experimental with research design one-shot case study. The experimental group is given the treatment by applying the assessment rubric IF-AT, whereas for the control group was given no treatment and assessment with conventional valuation techniques (Non-IF-AT). Normality test performed on the two-class learning outcomes data, obtained for the class IF-AT Sig 0.126 and control class 0.137. Sig value above 0.05 indicates both classes, then the data is normally distributed. Then do the test hypothesis test using independent samples t test, where the results obtained tcount of 2.901. Value of tcount is greater than ttable, which ttable for this eksperiment 1.671 (2.901> 1.671) and the probability or the Sig value obtained is equal to 0.005, where sig value is smaller than 0.050 (0.005 <0.050). Ttable and Sig value is showing the Ho is rejected, so it can be concluded that the application of the assessment rubric IF-AT in improving student learning outcomes more effectively than conventional assessment valuation techniques (Non-IF-AT). Keywords: effectiveness, assessment, IF-AT (Immediate Feedback Assessment Technique), learning outcomes.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 07:04 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2014 07:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5529 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |