PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI, MEDIA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

VINCENCIUS EKO TOTO RAHARJO, 0713031047 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI, MEDIA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Dalam.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel dan gambar.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan'.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dan survey, jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif verifikatif kausal atau sebab akibat.Teknik sampling adalah probability sampling, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah proportionale stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII pada SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012, yang berjumlah 188 siswa yang tersebar di 6 kelas, dengan menggunakan rumus slovin didapat sampel sebanyak 128 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data yang dihitung menggunakan rumus stasistik menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012, sebesar 24,8 % . (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012 , sebesar 27,3 %. (3) Ada pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012 , sebesar 21,6 %. (4) Ada pengaruh penggunaan metode diskusi, media pembelajaran, dan lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012 . Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > F tabel yaitu 6,746 > 2,68, Koefisien korelasi (R) sebesar 0,977 dan koefisien determinasi (R2) 0,956, yang berarti hasil belajar siswa dipengaruhi oleh metode diskusi, media pembelajaran dan lingkungan sebesar 95,6%. Kata Kunci : Hasil Belajar, media, metode, lingkungan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 02 Dec 2014 07:05
Last Modified: 02 Dec 2014 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5530

Actions (login required)

View Item View Item