PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.)

NI’MA LIWAUL AZIZA, 1514121152 (2019) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2781Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2714Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Produktivitas jagung manis di Indonesia masih cukup rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil produksi jagung manis dengan cara pemupukan dan pemberian bahan organik yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk kandang ayam dan biochar terhadap pertumbuhan dan produksi dua varietas jagung manis serta mengetahui interaksi antara varietas tanaman jagung manis dengan aplikasi pupuk kandang ayam dan biochar. Penelitian ini dilaksanakan dari Maret sampai Mei 2019 di Kebun Percobaan Kota Sepang Jaya, Kecamatan Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Acak Kelompok Faktorial 2 x 4 yang diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah varietas jagung manis, yang terdiri dari dua taraf yaitu varietas Manis dan varietas SD 3 IPB. Faktor kedua adalah perlakuan pupuk organik yang tediri dari empat taraf yaitu tanpa kontrol, biochar 10 ton ha-1 , pupuk kandang ayam 10 ton ha-1 , dan pupuk kandang ayam 10 ton ha-1 + biochar 10 ton ha-1 . Ni’ma Liwaul Aziza Pemberian pupuk kandang ayam kombinasi biochar dengan dosis 10 ton ha-1 meningkatkan produksi sebesar 69,64% dan menghasilkan produksi optimum pada varietas Manis sebesar 20,12 ton. Pemberian pupuk kandang ayam dengan dosis 10 ton ha-1 meningkatkan produksi sebesar 84,85% dan menghasilkan produksi optimum pada varietas SD 3 IPB sebesar 20,02 ton yang ditunjang oleh meningkatnya tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang baris, jumlah baris, jumlah biji per baris, waktu tasseling, dan waktu silking yang lebih cepat. Kata Kunci: Biochar, jagung manis, pupuk kandang ayam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:38
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55308

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir