KEMAMPUAN BAKTERI ASAL SUSPENSI EKSTRAK RIMPANG NANAS SEBAGAI ANTAGONIS Phytophthora sp. DAN PENINGKATAN PERFORMA TANAMAN

RAHMA MEULY ANNISA, 1514121146 (2019) KEMAMPUAN BAKTERI ASAL SUSPENSI EKSTRAK RIMPANG NANAS SEBAGAI ANTAGONIS Phytophthora sp. DAN PENINGKATAN PERFORMA TANAMAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2536Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2471Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu penyebab turunnya produksi nanas diduga adanya serangan Organisme Penggangu Tanaman (OPT) yang berasal dari patogen tanaman. Rimpang nanas merupakan limbah organik yang apabila dibiarkan dilahan dapat menjadi inang bagi berbagai jenis hama ataupun patogen tanaman. Rimpang nanas dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan suspensi Mikroorganisme Lokal (MOL) atau suspensi ekstrak rimpang nanas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bakteri asal suspensi ekstrak rimpang nanas sebagai antagonis Phytophthora sp. dan pereduksi kitin serta pendukung peningkatan performa tanaman (pelarut fosfat dan Plant Growth Promoting Bacteria (PGPB)). Uji bakteri asal suspensi ekstrak rimpang nanas sebagai antagonis Phytophora sp. dilakukan dengan cara mengamati pertumbuhan jamur dan dihitung presentase penghambatannya. Uji pelarut fosfat dan pereduksi kitin dilakukan pengamatan dengan cara mengamati zona bening yang terbentuk di sekitar koloni bakteri dan Rahma Meuly Annisa dihitung nilai indeksnya. Selain itu, dilakukan uji PGPB dari lima isolat bakteri terpilih yang memiliki kemampuan sebagai antagonis Phytophthora sp., pelarut fosfat, dan pereduksi kitin. Hasil penelitian menunjukan bahwa.dari 113 isolat bakteri hanya 65 isolat bakteri yang mampu sebagai antagonis Phytophthora sp. 112 isolat bakteri mampu melarutkan fosfat, sedangkan pada uji pereduksi kitin tidak diperoleh satu pun bakteri yang mampu mereduksi kitin pada media kitin agar. Selain itu, uji PGPB dari lima isolat terpilih tidak ada yang berpotensi bakteri pemacu pertumbuhan tanaman. Kata kunci: Antagonis, pelarut fosfat, pereduksi kitin, PGPB, Phytophthora sp., suspensi ekstrak rimpang nanas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:47
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55316

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir