THE EFFECT OF PLASTIC DIET CAMPAIGN USING INSTAGRAM AS SOCIAL MEDIA BY COLLEGE STUDENTS AGAINTS PRO AND CON TO REDUCE THE BEHAVIOR OF USING PLASTIC (STUDY ON LAMPUNG UNIVERSITY COLLEGE STUDENTS)

Nada Zeitalini Arini, 1516031035 (2019) THE EFFECT OF PLASTIC DIET CAMPAIGN USING INSTAGRAM AS SOCIAL MEDIA BY COLLEGE STUDENTS AGAINTS PRO AND CON TO REDUCE THE BEHAVIOR OF USING PLASTIC (STUDY ON LAMPUNG UNIVERSITY COLLEGE STUDENTS). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1312Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1087Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kampanye sosial diet plastik di media Instagram merupakan penanggulangan pencemaran lingkungan dari sampah plastik yang terus meningkat di Indonesia. Mahasiswa sebagai pengguna aktif media sosial, menggunakan Instagram untuk mencari tahu tentang kampanye diet plastik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan media Instagram tentang kampanye sosial diet plastik oleh mahasiswa dapat memengaruhi sikap pro dan kontra dalam pengurangan penggunaan plastik khususnya pada mahasiswa Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect, yaitu mahasiswa sebagai pengguna aktif media Instagram yang memiliki peran sebagai agen perubahan, secara aktif menggunakan Instagram untuk mengetahui tentang kampanye sosial diet plastik. Hal itu dilakukan secara berulang sehingga menimbulkan suatu sikap (pro) untuk mengurangi penggunaan plastik. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data penelitian didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 mahasiswa Universitas Lampung. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media Instagram tentang kampanye sosial diet plastik oleh mahasiswa terhadap sikap pro dan kontra dalam pengurangan penggunaan plastik dengan koefisien regresi sebesar 0,360 yang menunjukan arah positif. Kemudian berdasarkan koefisien determinasi (R 2 ) besarnya pengaruh penggunaan media Instagram tentang kampanye sosial diet plastik oleh mahasiswa sebesar 34,4% terhadap pengurangan penggunaan plastik. Kata kunci : Instagram, Kampanye Sosial Diet Plastik, Sikap Mahasiswa Plastic diet campaign on Instagram as social media is another way to reduce environmental pollution from plastic waste that continues to grow in Indonesia. Students as an active social media users, using Instagram to find out about plastic diet campaigns. This research is purpose to find out that plastic diet campaigns on Instagram can effect of the pros and cons by students in reducing plastic use, especially in Lampung University students. This study using the theory of uses and effect, on students as an active social media users who have a role as agents of change to find out about plastic diet campaigns on Instagram. It was happening repeatedly so this can cause a positive behavior to reduce the use of plastic. This research using quantitative approach with a survey method. The sample of this study was obtained through distributing questionnaires to 100 college students of Lampung University. Based on linear regression data results implied that there is an effect of plastic diet campaigns using Instagram on students behavior (pros) in reducing the single use plastic with a regression coefficient of 0.360 which shows a positive behavior. Then based on the coefficient of determination (R2 ), the effect of plastic diet campaigns using Instagram on students behavior is 34.4% in reducing plastic use. Key words : Instagram, Plastic Diet Campaign, Student Behavior, Plastic Use

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:23
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 05:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55329

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir