KARAKTERISTIK SARANG RANGKONG (Aves:Bucerotidae) DI STASIUN PENELITIAN WAY CANGUK, TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN (TNBBS)

Ricky Danang Pratama, 1517021154 (2019) KARAKTERISTIK SARANG RANGKONG (Aves:Bucerotidae) DI STASIUN PENELITIAN WAY CANGUK, TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN (TNBBS). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1034Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3082Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rangkong merupakan burung dari suku Bucerotidae yang tersebar luas di Indonesia. Ancaman utama terhadap populasi rangkong adalah perburuan serta deforestasi akibat penebangan hutan atau ilegal logging. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai karakteristik sarang rangkong di Stasiun Penelitian Way Canguk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pohon sarang rangkong yang masih aktif di daerah hutan dataran rendah Sumatera di Stasiun Penelitian Way Canguk yang mewakili sarang rangkong di kawasan TNBBS. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi langsung dengan mengamati dan melakukan pemanjatan terhadap 8 pohon sarang rangkong di Stasiun Penelitian Way Canguk, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) pada bulan Februari- April 2019. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, rangkong umumnya bersarang pada pohon-pohon besar dengan diameter >63 cm dan tinggi >37 meter. Sarang umumnya terletak di bawah cabang pertama dengan ketinggian >16 meter. Lubang sarang rangkong memiliki ukuran yang relatif kecil dari luar namun memiliki ukuran yang luas di dalamnya. ii Rata-rata lubang sarang rangkong hanya berukuran 25,2 cm x 15,7 cm, dengan rata-rata luas hanya 402,7 cm2 , sedangkan bagian dalam sarangnya sangat luas dengan rata-rata ketinggian >147,6 cm, lebar 45,8 cm, dan kedalaman 59,2 cm. Rata-rata sarang rangkong memiliki volume 355281 cm3 dengan suhu rata-rata 28,8 oC. Vegetasi di sekitar pohon sarang didominasi oleh tumbuhan tingkat tiang dengan jumlah 31 sampai 63 individu pohon. Kata kunci: Bucerotidae, karakteristik sarang, pohon sarang, lubang sarang, vegetasi sekitar sarang, TNBBS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:26
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 05:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55361

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir