PENGARUH GA3 DAN ATONIK SERTA INTERAKSINYA TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH JAGUNG MANIS (Zea mays L.var. saccharata) DI BAWAH CEKAMAN KEKERINGAN

Renti Melika Putri, 1517021056 (2019) PENGARUH GA3 DAN ATONIK SERTA INTERAKSINYA TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH JAGUNG MANIS (Zea mays L.var. saccharata) DI BAWAH CEKAMAN KEKERINGAN. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1880Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1817Kb) | Preview

Abstrak

Cekaman kekeringan merupakan salah satu faktor abiotik yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Ketika mengalami cekaman kekeringan pertumbuhan tanaman akan mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa kombinasi dari larutan GA3 + atonik dapat memperbaiki perkecambahan dan pertumbuhan kecambah jagung manis (Zea mays L.var. saccharata) di bawah cekaman kekeringan serta membuktikan bahwa kombinasi dari larutan tersebut lebih efektif dari larutan GA3 atau Atonik dalam memperbaiki perkecambahan dan pertumbuhan kecambah jagung manis (Zea mays L. var. saccharata). Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Botani Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung pada bulan November 2018. Penelitian ini dilakukan dalam percobaan faktorial 2 x 3. Faktor A adalah PEG 6000 dengan 2 taraf konsentrasi : 0% b/v dan 5% b/v. Faktor B adalah Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dengan 3 taraf : GA3 (0,1% b/v), atonik (2% v/v) GA3 + atonik. Setiap kombinasi perlakuan diulang 4 kali sehingga jumlah satuan percobaan adalah 24, dengan variabel yaitu daya kecambah, panjang tunas, berat segar, berat kering, rasio tunas akar, kadar air relatif, kandungan klorofil a, b dan total kecambah. ii Uji homogenitas ragam, analisis ragam, uji BNJ dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi antara ZPT dan PEG berpengaruh nyata terhadap panjang tunas kecambah jagung manis. Aplikasi GA3 + atonik dapat memperbaiki pertumbuhan kecambah jagung manis dibawah stres air. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi GA3 + atonik 2% dapat memperbaiki pertumbuhan kecambah jagung manis dibawah stres air -0,3Mpa (5% PEG) ditunjukkan oleh pertumbuhan tunas yang relatif tidak berbeda dari kecambah yang tidak mengalami stres air. Kata kunci : Atonik, GA3, Jagung manis, Pertumbuhan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:28
Last Modified: 22 Mar 2022 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55424

Actions (login required)

View Item View Item