PENGARUH DOSIS BIONEMATISIDA JAMUR Purpureocillium lilacinum (Syn. Paecilomyces lilacinus) ISOLAT B01TG BERBAHAN PEMBAWA LIMBAH PERTANIAN TERHADAP KEEFEKTIFANNYA DALAM MENGENDALIKAN SERANGAN Meloidogyne spp.

AMBAR FIANDANI, 1514121042 (2019) PENGARUH DOSIS BIONEMATISIDA JAMUR Purpureocillium lilacinum (Syn. Paecilomyces lilacinus) ISOLAT B01TG BERBAHAN PEMBAWA LIMBAH PERTANIAN TERHADAP KEEFEKTIFANNYA DALAM MENGENDALIKAN SERANGAN Meloidogyne spp. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1550Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1550Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dosis bionematisida jamur Purpurecilum lilacinum (Syn. Paecilomyces lilacinus) isolat B01TG berbahan pembawa limbah pertanian terhadap keefektifannya dalam mengendalikan serangan NPA (Meloidogyne spp.). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari - Juni 2019 di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu tingkat dosis bionematisida yaitu 5, 10, 20 dan 40 g/polybag dan 0 g sebagai kontrol dengan 5 ulangan. Tanaman tomat yang diinfestasi 2000 telur nematoda diberi perlakukan bionematisida 3 hari sebelum transplanting. Data variabel pertumbuhan tanaman yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, bobot brangkasan basah, produksi, tingkat kerusakan akar dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan kerusakan akar tanaman yang diberi perlakuan bionematisida 20 dan 40 g/polybag lebih rendah daripada kerusakan akar tanaman yang diberi perlakuan 0-10 g/polybag. Pertumbuhan dan produksi tanaman tomat yang diberi perlakuan bionematisida 40 g/polybag lebih baik daripada tanaman yang diberi perlakuan bionematisida dengan dosis yang lebih rendah. Kata kunci: Bionematisida Purpureocilium lilacinum, Meloidogyne sp

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 22 Mar 2022 08:25
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55459

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir