ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN VIDEO ONLINE GOJEK VERSI INTRODUCING: JO & JEK MENGGUNAKAN DIRECT RATING METHOD (Studi Pada Pelanggan GOJEK di Bandarlampung)

VIRGINIA SWASTIKA, 1516031003 (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN VIDEO ONLINE GOJEK VERSI INTRODUCING: JO & JEK MENGGUNAKAN DIRECT RATING METHOD (Studi Pada Pelanggan GOJEK di Bandarlampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2074Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1416Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Periklanan memegang peranan penting dalam dunia pemasaran. Meskipun demikian, dalam produksinya seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini pun menyebabkan para pengiklan berusaha sebaik mungkin dalam membuat konten iklan dengan harapan mampu meningkatkan efektivitas iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas iklan video online GOJEK versi Introducing: Jo & Jek dalam menyosialisasikan kesadaran berkendara yang aman dan nyaman kepada pelanggan GOJEK di Bandarlampung. Metode yang digunakan adalah Direct Rating Method dan berfokus pada lima dimensi pengukuran, yaitu perhatian, pemahaman, respons kognitif, respons afektif, dan sikap terhadap iklan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan teknik aksidental kepada 100 pelanggan GOJEK di Bandarlampung yang pernah menonton iklan video online GOJEK versi Introducing: Jo & Jek di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan video online GOJEK versi Introducing: Jo & Jek masuk pada kategori iklan baik dengan total skor DRM sebesar 80,04. Hal ini berarti iklan tersebut efektif dalam memengaruhi sikap pelanggan untuk berkendara dengan aman dan nyaman. Kata kunci: Efektivitas Iklan, Direct Rating Method, Introducing: Jo & Jek, Advertising has an influential role in marketing. However, the high cost of commercial production is sometimes quite a problem. Therefore, advertisers usually try their best to make a memorable commercial to alter effective promotion. This paper aimed to analyze advertising effectiveness of GOJEK's online video version Introducing: Jo & Jek on GOJEK's customers in Bandarlampung so that they could drive safely. Direct Rating was chosen to be a method to measure its effectiveness that highlighted five dimensions to evaluate, which were attention, understanding, cognitive response, affective response, and behavior. Data were collected through a questionnaire using accidental sampling technique, which distributed to 100 respondents based on the population contained in the object of this study namely GOJEK’s customer who has watched the advertisement on social media. The result indicated GOJEK's online video version Introducing: Jo & Jek fall into good advertisement category with a total score of DRM at 80,04. It implied that GOJEK's advertising campaign was effective to affect customer behavior to drive safely. Keywords: Advertising Effectiveness, Direct Rating Method, Introducing: Jo & Jek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 22 Mar 2022 08:25
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 08:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55461

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir