PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS II RS. ADVENT DI BANDAR LAMPUNG)

GILANG SETIAWAN, 1511011112 (2019) PENGARUH DIMENSI SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS II RS. ADVENT DI BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2717Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2572Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

At present the development of business in the city of Bandar Lampung is getting higher. The hospital is sector businesses to participate in health care, health care is considered the rights of citizens must be met by the government. Government efforts in meeting services for the community are not always in accordance with community expectations, for example, services that are not optimal. Hospitals as services provided by the government is not the only aspect of treatment, but also the public deserves to get more value from the service itself such as Servicescape owned by the hospital. The problems in this study is whether the variable Servicescape effect on Consumer Satisfaction in the RS . Adventists in Bandar Lampung. The purpose of this research is to know is there any influence of variables Servicescape against Consumer Satisfaction in the RS . Adventists in Bandar Lampung. The samples in this study using metode Non-Probability Sampling technique Purposive Sampling criteria patients' families and visitors who use the inpatient room and enjoy the services of class II in the hospital room. Adventist . The independent variable in this study is servicescape consisting of ambient conditions, spatial layout and functionality, signs, symbols, and artifacts. The dependent variable in this study is customer satisfaction . The analysis shows that Servicescape (X) has a significant effect on the variable Customer Satisfaction (Y) with a significant value of 0,000. The magnitude of the role of the magnitude of the role of the variables X1 ( ambient conditions ), X2 ( spatial layout and Funcionality ), X3 ( sign, symbol, and artifact ) in determining customer satisfaction respectively by 61.6%, 11.7%, and 26.8 %, while the rest is influenced by other variables outside this study. Keywords: Servicescape , Consumer Satisfaction Saat ini perkembangan bisnis di kota Bandar Lampung sudah semakin tinggi. Rumah sakit merupakan sektor bisnis yang berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan dianggap hak dari warga negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Upaya pemerintah dalam memenuhi pelayanan bagi masyarakat tersebut tidak selalu sesuai dengan harapan masyarakat, misalnya pelayanan yang tidak optimal. Rumah sakit sebagai pelayanan jasa yang disediakan pemerintah tidak hanya mengedepankan aspek pengobatan saja, namun juga masyarakat berhak mendapatkan nilai lebih dari pelayanan itu sendiri seperti Servicescape yang dimiliki rumah sakit tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah variabel Servicescape berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada RS. Advent di Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh variabel Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen pada RS. Advent di Bandar Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling dengan kriteria keluarga pasien dan pengunjung ruang rawat inap yang menggunakan dan menikmati layanan ruangan kelas II di RS. Advent. Variabel independent dalam penelitian ini adalah servicescape yang terdiri dari ambient conditions, spatial layout and functionality, signs, symbols, and artifacts. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa Servicescape (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Besarnya peran besarnya peran variabel X1 (ambient conditions), X2 (spatial layout and Funcionality), X3 (sign, symbol, and artifact) dalam menentukan kepuasan konsumen masing-masing sebesar 61,6%, 11,7%, dan 26,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Servicescape, Kepuasan Konsumen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Mar 2022 08:32
Terakhir diubah: 22 Mar 2022 08:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55479

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir