KONSTRUKSI PEMBERITAAN PENYERANGAN TOKOH AGAMA DI INDONESIA PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID PERIODE FEBRUARI 2018

Rezqi Purwo Achwandi, 1216031093 (2019) KONSTRUKSI PEMBERITAAN PENYERANGAN TOKOH AGAMA DI INDONESIA PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID PERIODE FEBRUARI 2018. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2811Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1758Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu isu yang marak diperbincangkan adalah penyerangan terhadap tokoh- tokoh agama di Indonesia. Isu tersebut muncul di berbagai media sosial dalam bentuk foto maupun video sehingga menjadi viral. Beberapa media online yang memberitakan isu tersebut adalah Kompas.com dan Republika.co.id. Peneliti memilih kedua media tersebut karena memiliki latar belakang yang erat hubungannya dengan keagamaan. Walaupun kedua media tersebut saat ini menjadi lebih komersil dan mengedepankan bisnisnya, namun latar belakang agama yang menjadi sejarah terbentuknya media masih terlihat hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi konstruksi pemberitaan penyerangan tokoh agama di Indonesia pada media online Kompas.com dan Republika.co.id. Teori penelitian ini menggunakan teori hirarki pengaruh milik Shoemaker dan Reese yang terbagi menjadi beberapa level. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif yang akan menghasilkan data berupa hasil wawancara dengan jurnalis Kompas.com dan Republika.co.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi media online Kompas.com dan Republika.co.id dalam mengkonstruksi pemberitaan penyerangan tokoh agama di Indonesia yaitu individu pekerja media, rutinitas media, organisasi media, extra media, dan ideologi. Dari kelima faktor tersebut, yang paling berpengaruh adalah faktor ideologi. Sebagai media yang menekankan nilai kebhinekaan, Kompas.com lebih menonjolkan fenomena yang terjadi sebagai isu hoax yang disebarkan melalui media sosial dengan tujuan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dengan motif politik. Sedangkan sebagai media dengan nilai keislaman yang kuat, Republika.co.id lebih menekankan sudut pandang kasus ini sebagai masalah serius yang harus segera diselesaikan sehingga keamanan tokoh agama maupun masyarakat dapat tercapai dengan baik. Kata kunci: konstruksi pemberitaan, hirarki pengaruh, penyerangan tokoh agama. One issue that is widely discussed is the attack on religious figures in Indonesia. The issue appeared on social media in the form of photos or videos so it became viral. There are some online media that report on this issue are Kompas.com and Republika.co.id. The research chose the two media because it has a background that is close to religion. Although the two media are now becoming more commercial and promoting their business, the religious background that is the history of the media still exists today. This research aims to determine the internal and external factors that affect the news construction of attacks on religious figures in Indonesia on Kompas.com and Republika.co.id online media. This research theory uses Shoemaker and Reese's affect hierarchy theory which is divided into several levels. This research method uses a descriptive qualitative approach that produces data in the form of interviews with Kompas.com and Republika.co.id journalists. Data collection techniques used were interviews, documentation and literature study. The results of this research indicate that there are factors that affect the Kompas.com and Republika.co.id online media in news construction of attacks on religious figures in Indonesia, there are individual media workers, media routines, media organizations, extra media, and ideology. From these five factors, the most affect factor is ideology. As a media that applies diversity, Kompas.com more shows the phenomenon that occurs as a hoax issue spread through social media with the aim to divide the unity and integrity of the nation with political motives. While as a media with strong Islamic value, Republika.co.id more shows the point of view of this case as a serious problem that must be resolved so that the security of religious figures and the public can be achieved properly. Keywords: news construction, affect hierarchy theory, attacks on religious figures.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:02
Terakhir diubah: 23 Mar 2022 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55526

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir