NITA ANGGRAINI, 1416031094 (2019) PROSES KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi pada Proses Pembelajaran PAUD di Sekolah Darma Bangsa). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1893Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Anak mengalami masa perkembangan yang sangat pesat dan tidak tergantikan pada masa mendatang dalam perkembangan manusia adalah pada usia nol sampai enam tahun, Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satu jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) yang ada di kota Bandar Lampung adalah Sekolah Darma Bangsa. proses komunikasi guru yang baik akan berdampak pada pemahaman siswa dengan baik, sehingga pembentukan perilaku sosial pada murid dapat terwujud. Penelitin ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan humanistik De vito (1997) yaitu keterbukaan empati, sikap pendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Fokus penelitian ini yaitu proses komunikasi guru dan siswa dalam pembentukan perilaku sosial anak seperti empati, kemurahan hati, dan kedisiplinan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi guru terhadap siswa dalam pembentukan perilaku sosial anak memadukan bahasa verbal dan bahasa nonverbal melalui lima aspek pendekatan humanistik. Dari semua aspek tersebut telah mencerminkan kualitas komunikasi antar guru dengan siswa yang sangat baik, baik secara verbal dan nonverbal sehingga dapat menciptakan suatu pembentukan perilaku sosial anak seperti empati, kemurahan hati, dan kedisiplinan. Kata kunci: Komunikasi, verbal, nonverbal, perilaku sosial anak, pendekatan humanistik Children experience a very rapid and irreplaceable period of development in the future in human development is at the age of zero to six years, early childhood education (PAUD) is an effort made through the provision of educational stimuli to help growth and physical and spiritual development so that children have readiness in entering further education. One of the levels of early childhood education (PAUD) in the city of Bandar Lampung is the Darma Bangsa School. a good teacher communication process will have an impact on students' understanding well, so that the formation of social behavior in students can be realized. This researcher uses qualitative research methods. This study uses the humanistic approach of De vito (1997), namely openness of empathy, supportive attitude, positive attitude, and equality. The focus of this research is the process of communication between teachers and students in shaping children's social behavior such as empathy, generosity, and discipline. The results of this study indicate that interpersonal communication of teachers and students in forming children's social behavior combines verbal and nonverbal languages through five aspects of the humanistic approach. From all these aspects it has reflected the quality of communication between teachers and students who are very good, both verbally and nonverbally so that it can create a formation of children's social behavior such as empathy, generosity, and discipline. Keywords: Interpersonal communication, verbal, nonverbal, children's social behavior, humanistic approach
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 07:32 |
Terakhir diubah: | 23 Mar 2022 07:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55567 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |