STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DAN SISWI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG

Aripin Eko Saputra, 1316011009 (2019) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DAN SISWI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU PLOITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2057Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1715Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter siswa dan siswi SMP PGRI 6 Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor yang mendukung strategi guru dalam membentuk karakter siswa dan siswi SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah Ada enam langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu untuk memenuhi kompetensi diri, guru di SMP PGRI 6 Bandar Lampung melakukan beberapa kegiatan yakni, melaksanakan kegiatan bakti sosial, melatih anak untuk presentasi, dalam menyampaiakan materi menggunakan bahasa yang baku dan sopan, menguasai materi pelajaran, melakukan komunikasi intens dengan orangtua, murid, maupun sesama pendidik. Memasukkan konsep pendidikan karakter dalam RPP seperti, siswa membentuk kelompok belajar untuk diskusi melakukan sesi tanya jawab, murid disarankan untuk membaca buku dan presentasi di depan kelas, serta siswa sangat dianjurkan untuk mandiri. Setiap guru mata pelajaran SMP PGRI 6 menampilkan keteladan kepada murid seperti, tepat waktu ketika masuk kelas, tidak membedakan murid, menilai secara objektif, dan berpakaian rapi ketika mengajar. Menyediakan kegiatan ekstrakurikuler, serta melaksanakan rutinitas membaca alquran sebelum pelajaran dimulai dan mencium tangan guru ketika bertemu di dalam atau luar sekolah agar siswa terbiasa melakukan rutinitas tersebut asetiap hari. Melakukan komunikasi dengan orang tua secara intens dengan membuat grup Whatsapp. Faktor pendukung dalam penerapan strategi guru dalam membentuk karakter siswa ini yaitu dukungan dari motivasi diri sendiri yakni beberapa guru sebelum memulai pelajaran selalu memberikan ceramah atau motivasi kepada siswa, kedua dukungan dari orangtua siswa berupa perhatian, support, serta dukungan dari guru dan pihak sekolah. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Siswa, dan Guru This research is to describe teascher's strategy to build student's character SMP PGRI 6 Bandar Lampung and to know factors that support teaxher's strategy in character building in SMP PGRI 6 Bandar Lampung. The methid in this research are observation, interview, and documentation. Informan stating used purposive sampling. Sample in this research are teacher in SMP PGRI 6 Bandar Lampung. The result of this research are there is 6 step for teacher to build students character to fullfill self competency, teacher in SMP PGRI 6 Bandar Lampung do some activity such as, social responsibility, train student to present in front off audience, delivering matery and method trough the raoght way and language, mastering lesson, do communicating intens with parents, even with same teacher. Including character lesson in RPP like, grouping to learn lesson, many read to learn lesson, and present matery in front of the class, student has to be independent ass well. Every sunject teacher must show good attitude like being on time, not to differ students, being neat, say hello when meet each other. Making extra activity also read Quran periodically, doing that routine everyday. Doing communicate with parents and making whatsup group. Supporting factors in applicating this strategy that are support and inner motivation from teacher before begining lesson, support from parents that is attention, also support from school. Keyword : education, character, students and teacher.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:50
Terakhir diubah: 23 Mar 2022 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55594

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir