IDENTIFIKASI DAN DESKRIPSI GEJALA SERANGAN PENGGEREK BATANG MANGGA DI LAHAN PT GREAT GIANT PINEAPPLE KABUPATEN LAMPUNG TIMUR PROVINSI LAMPUNG

FIFI MARDIANA, 1514121020 (2019) IDENTIFIKASI DAN DESKRIPSI GEJALA SERANGAN PENGGEREK BATANG MANGGA DI LAHAN PT GREAT GIANT PINEAPPLE KABUPATEN LAMPUNG TIMUR PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2610Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2611Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggerek batang mangga merupakan salah satu hama penting dalam budidaya tanaman mangga. Larva penggerek batang menyerang tanaman mangga dengan gejala yang khas. Larva tersebut menggerek masuk ke dalam batang yang menyebabkan kematian pada batang mangga hingga menimbulkan kerusakan berat. Identifikasi dan informasi dasar tentang biologi penggerek batang mangga yang akan dikendalikan sangatlah penting untuk menerapkan strategi pengendalian yang tepat. Penelitan ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2019 pada areal pertanaman mangga PT Great Giant Pineaplle (PT GGP) di Kabupaten Lampung Timur, dan identifikasi dilakukan di Laboratorium Hama Tanaman PT GGP di Kabupaten Lampung Timur dan di Laboratorium Hama Tanaman Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi spesies penggerek batang di perkebunan mangga PT GGP dan (2) mendeskripsikan gejala serangan penggerek batang di perkebunan mangga PT GGP. Penelitian dilakukan dengan survei pada 9 blok varietas mangga yang berbeda-beda, yaitu varietas cokanan, kiosaway, aromanis, kiojay, namdokmay, gedong gincu, dan sengir. Survei lokasi dilakukan untuk menemukan tanaman yang bergejala serangan hama penggerek batang mangga. Pada tanaman yang bergejala dipasang perangkap untuk memperoleh imago. Teknik perangkap ini adalah teknik pembrongsongan, yaitu dengan membuat rangkaian dari bambu membentuk kerucut kemudian diselimuti oleh kain kasa pada batang mangga yang bergejala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) spesies penggerek batang mangga yang diperoleh dari hasil identifikasi yaitu penggerek batang mangga spesies Rhytidodera simulans; (2) gejala khas serangan penggerek batang mangga yaitu adanya lubang gerekan yang mengeluarkan kotoran seperti serbuk gergaji. Pada bagian dalam batang yang terserang hama terdapat terowongan/liang akibat gerekan larva dan membentuk lubang saluran tempat hidup dari penggerek batang (larva/pupa/imago). Pada serangan lanjut, batang mengering dan mati karena jaringan pengangkut rusak. Kata kunci : deskripsi gejala, identifikasi, penggerek batang mangga, spesies.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:49
Terakhir diubah: 23 Mar 2022 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55596

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir