PENGARUH Bacillus thuringiensis israelensis SEBAGAI LARVASIDA VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP IKAN GUPPY (Poecilia reticulata)

Nita Apriyani, 1517021029 (2019) PENGARUH Bacillus thuringiensis israelensis SEBAGAI LARVASIDA VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP IKAN GUPPY (Poecilia reticulata). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (802Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (802Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyakit tular vektor merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia, diantaranya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh Aedes aegypti. Untuk mengurangi efek negatif insektisida, dewasa ini pemberantasan vektor diupayakan dengan penggunaan agen biologi yaitu menggunakan Bacillus thuringiensis israelensis (Bti) yang lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan resisten vektor. Selain harus efektif membunuh larva nyamuk, Bti juga harus tidak membahayakan biota perairan lainnya yang sehabitat seperti ikan Guppy (Poecilia reticulata). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bti terhadap mortalitas ikan Guppy sebagai organisme non target vektor DBD. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Zoologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Dilaksanakan pada Desember 2018 – Februari 2019 Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental skala laboratoris berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu konsentrasi Bti sebagai perlakuan dengan empat kali ulangan. Perlakuan yang diuji yaitu kontrol ( tidak diberi Bti), dan pemberian Bti dengan konsentrasi 20 ppm, 40 ppm, 60 ppm, 80 pmm, dan 100 ppm. Hasil penelitian menunjukkan pemberian Bti pada konsentrasi berbeda tidak mempengaruhi mortalitas ikan Guppy. Kata kunci : Bacillus thuringiensis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:44
Terakhir diubah: 24 Mar 2022 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55646

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir