ANALISIS FILOGENETIK TANAMAN ARA DAUN LEBAR (Ficus racemosa) Di SUAKA RHINO SUMATERA DAN DESA LABUHAN RATU VII SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN BADAK SUMATERA (Dicerorhinus sumatrensis) TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

NADA RISA ZAIN, 1517021144 (2019) ANALISIS FILOGENETIK TANAMAN ARA DAUN LEBAR (Ficus racemosa) Di SUAKA RHINO SUMATERA DAN DESA LABUHAN RATU VII SEBAGAI ALTERNATIF PAKAN BADAK SUMATERA (Dicerorhinus sumatrensis) TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3450Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3450Kb) | Preview

Abstrak

Badak sumatera adalah mamalia dari Ordo Perissodactyla, termasuk dalam daftar merah The International Union for Consrvation of Nature (IUCN) dengan status kritis dan salah satu jenis satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Binatang Liar tahun 1931 No. 134 dan No. 226. Suaka Rhino Sumatera (SRS) di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan suatu kawasan konservasi semi in-situ yang dinaungi oleh Yayasan Badak Indonesia (YABI). Tujuh individu badak sumatera terdapat di SRS dengan berat tubuh sekitar 500-700 kg. Setiap individu badak sumatera memerlukan pakan sekitar 50- 60 kg perhari dari 10% berat tubuhnya. Hutan SRS hanya dapat memenuhi 50% akibat kuantitas tumbuhan yang berkurang. Hal ini menyebabkan badak sumatera membutuhkan pakan tambahan selain pakan alaminya. Desa Labuhan Ratu VII merupakan desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TNWK, terdapat program penanaman tumbuhan pakan badak sumatera. Salah satu jenis yang ditanam adalah ara daun lebar (Ficus racemosa). Tujuan penelitian adalah membandingkan antara tanaman Ficus racemosa di SRS dan yang ditanam di Desa Labuhan Ratu VII secara genetik. Ekstraksi DNA dengan penggunaan 18S rDNA untuk hubungan kekerabatan. Hasil analisis yang diperoleh antara tanaman Ficus racemosa di SRS dan Desa Labuhan Ratu VII memiliki jarak genetik sebesar 0,000 dengan kemiripan 100%, diperkuat dengan pohon kekerabatan. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman Ficus racemosa pada kedua lokasi tersebut merupakan spesies sama, dan dapat dijadikan sumber pakan alternatif untuk badak sumatera di SRS. Kata Kunci : Analisis filogenetik, Badak sumatera, Ficus racemosa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:44
Last Modified: 24 Mar 2022 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55663

Actions (login required)

View Item View Item