Hanny Kruisdiarti, 0913022048 (2013) PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Mengesahkan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Surat Pernyataan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Persembahan.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (281Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (437Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (170Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa dan tidak lagi menempatkan guru sebagai sumber belajar. Sehingga, perlu implementasi berbagai inovasi pembelajaran untuk membantu siswa mencapai tujuan pendidikannya. Penelitian ini membandingkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara model siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry; (2) perbedaan rata-rata hasil belajar antara model siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 3 Bandarlampung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 3 Bandarlampung. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VIIIC Hanny Kruisdiarti sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen 2. Desain penelitian menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor gain ternormalisasi, sedangkan data keterampilan berpikir kritis dianalisis menggukan persentase perolehan nilai. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas siklus belajar empiris induktif sebesar 66,26 dan pada kelas modified free discovery-inquiry sebesar 75,35. Untuk hasil belajar, kelas siklus belajar empiris induktif memperoleh rata-rata N-gain hasil belajar sebesar 0,67 dan kelas modified free discovery-inquiry memperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar sebesar 0,76. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas modified free discovery-inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan kelas siklus belajar empiris induktif. Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, model siklus belajar empiris induktif, dan pembelajaran modified free discovery-inquiry
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 02:13 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 02:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5567 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |