PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY

Hanny Kruisdiarti, 0913022048 (2013) PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Persembahan.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (295Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (437Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (170Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa dan tidak lagi menempatkan guru sebagai sumber belajar. Sehingga, perlu implementasi berbagai inovasi pembelajaran untuk membantu siswa mencapai tujuan pendidikannya. Penelitian ini membandingkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara model siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry; (2) perbedaan rata-rata hasil belajar antara model siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 3 Bandarlampung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 3 Bandarlampung. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VIIIC Hanny Kruisdiarti sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen 2. Desain penelitian menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor gain ternormalisasi, sedangkan data keterampilan berpikir kritis dianalisis menggukan persentase perolehan nilai. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas siklus belajar empiris induktif sebesar 66,26 dan pada kelas modified free discovery-inquiry sebesar 75,35. Untuk hasil belajar, kelas siklus belajar empiris induktif memperoleh rata-rata N-gain hasil belajar sebesar 0,67 dan kelas modified free discovery-inquiry memperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar sebesar 0,76. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas modified free discovery-inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan kelas siklus belajar empiris induktif. Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, model siklus belajar empiris induktif, dan pembelajaran modified free discovery-inquiry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 05 Dec 2014 02:13
Terakhir diubah: 05 Dec 2014 02:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir