PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA KOMPETENSI DASAR MENYELIDIKI SIFAT–SIFAT ZAT BERDASARKAN WUJUDNYA DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

MEITA WIDIAN PANGESTIKA, 0853022035 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA KOMPETENSI DASAR MENYELIDIKI SIFAT–SIFAT ZAT BERDASARKAN WUJUDNYA DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1 PERSETUJUAN.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2 MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3 surat pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5 PERSEMBAHAN.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7 SANWACANA.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (361Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233Kb)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Berdasarkan observasi di sekolah melalui wawancara penulis terhadap siswa dan guru IPA fisika di SMPN Bina Bhakti Way Pengubuan, diketahui bahwa guru belum memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasarana yang ada seperti laboratorium untuk pembelajaran. Diketahui pula bahwa pada materi wujud zat kompetensi dasar menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari murid merasa kesulitan dalam menerima materi tersebut secara jelas dan nyata. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka penulis mengembangkan LKS sebagai salah satu media pembelajaran. LKS yang dikembangkan berbasis KPS yaitu penemuan secara langsung oleh siswa yang berisi pertanyaan (melakukan dan menafsirkan pengamatan, mengelompokkan, meramalkan, berkomunikasi dan berhipotesis mengenai suatu peristiwa), Kegiatan keterampilan proses sains (pra laboratorium dan kegiatan laboratorium), rangkuman, latihan soal dan evaluasi. LKS hasil Meita Widian Pangestika pengembangan dilengkapi dengan kunci jawaban. Desain tersebut meliputi tujuh tahapan prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu: analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, pengembangan produk, uji internal uji kelayakan produk, uji eksternal uji kemanfaatan produk oleh pengguna dan tahap terakhir produksi. Hasil uji internal menunjukkan media yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa kualitas media sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran ditunjukkan oleh siswa yang antusias dan mampu mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam LKS. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran LKS berbasis KPS yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: LKS Berbasis KPS ABSTRACT According to the writer’s observation in the school by using interview with the students and science teacher in the SMPN Bina Bhakti Way Pangubuan, it is given that the teacher has not use the school facilities maximally such as teaching laboratory. In the basic competence states of matter, students can not receive that material clearly, exactly in investigate the physical properties based on its states and its application in the students’ daily life. Considering these problems, therefore the writer develops the worksheet as a learning media. The worksheet is developed based on KPS. KPS is the directly investigate by students that contains the questions (doing and predicting observation, grouping, predicting, communicating, and hypothesizing an event), the activity of science ability process (pre-laboratory and laboratory activity), summarizing, doing the exercises, and evaluating. There is a key answer of this worksheet. The design consists of seven steps development procedure and product test, they are: analysis necessity, identification resources to meet a need, identification specifications intended products users, product development, test internal proper test products, test external test expedience products by users and the last stage production. The result of internal test shows that the media has been developed satisfies theory criteria and fit for use as one of the media of learning. The result of external test shows that the quality of this media is very interesting, very easy to use, and very useful and effective to use as a learning media. It can be seen from the students’ enthusiastic and the students’ ability to answer worksheet’s questions. So, we can conclude this worksheet learning media based KPS has been tested and proper to use with the quality is very interesting, very easy to use, and very useful, and it is called effective as a learning media. Keywords: Worksheet Students Based Skill Process Science

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 05 Dec 2014 04:12
Last Modified: 05 Dec 2014 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item