Analisis Yuridis Implementasi Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam Tentang Kawin Hamil (Studi Di Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan).

Annissa Rizkia Putri, 1512011146 (2019) Analisis Yuridis Implementasi Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam Tentang Kawin Hamil (Studi Di Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan). FAKULTAS HUKUM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3524Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2459Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam mengatur tentang perkawinan dengan wanita yang telah hamil terlebih dahulu. Penerapan Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam di masyarakat banyak yang tidak sesuai dengan aturan yang sesungguhnya. Implementasi Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam tentang kawin hamil ini diteliti pada Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan yang. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu tentang pengetahuan masyarakat Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan tentang Pasal 53, faktor dilangsungkannya kawin hamil di Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan dan akibat hukum kawin hamil. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah normatif empiris dengan tipe deskriptif. Tipe pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari lokasi penelitian dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan mengenai Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam tentang kawin hamil masih sangat rendah. Faktor dilangsungkannya kawin hamil di Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan yaitu faktor internal (bermakna ganda atau ambigu dan sosialisasi terhadap masyarakat) dan faktor eksternal (keluarga dan budaya, pengetahuan agama dan pendidikan masyarakat). Akibat hukum kawin hamil terhadap status perkawinan dan status anak adalah sah meskipun anak tersebut tidak dapat dinasabkan kepada bapaknya. Kata Kunci: Implementasi, Pasal 53 Kompilasi Hukum Islam, Kawin Hamil

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:02
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55809

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir