PENGARUH MEDIA LIMBAH PERTANIAN PADAT TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Purpureocillium lilacinum (Syn. Paecilomyces lilacinus)

MA’RUF KURNIAWAN, 1414121137 (2019) PENGARUH MEDIA LIMBAH PERTANIAN PADAT TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Purpureocillium lilacinum (Syn. Paecilomyces lilacinus). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (613Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3645Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3634Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jamur Purpureocillium lilacinum (Syn. Paecilomyces lilacinus) adalah jamur parasit telur nematoda puru akar (Meloidogyne spp.). Selain berperan sebagai musuh alami nematoda, jamur P. lilacinum (Syn. P. lilacinus) juga berperan sebagai dekomposer bahan organik. Limbah pertanian padat dapat menjadi sumber bahan organik dan banyak digunakan untuk menumbuhkan jamur, termasuk jamur parasit telur nematoda. Oleh karena itu, bahan ini berpotensi sebagai bahan pembuatan bionematisida berbahan aktif jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan jamur P. lilacinum (Syn. P. lilacinus) pada limbah pertanian padat kulit ubi ubikayu, bonggol pisang, beras dan campurannya. Telah dilakukan 8 kali percobaan, menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 ulangan menggunakan jamur isolat B4100 koleksi Ma’ruf Kurniawan laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian Unila. Perlakuan dalam percobaan merupakan campuran kulit ubi ubikayu, bonggol pisang, beras, dan kulit udang kering yang telah digiling dengan kompisisi yang bervariasi. Variabel yang diamati yaitu pertumbuhan jamur dan produksi spora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur P. lilacinum (Syn. P. lilacinus) mampu tumbuh pada media limbah pertanian padat campuran kulit ubi ubikayu, bonggol pisang, beras dan kulit udang yang tingkat keasamannya dimodifikasi serta nutrisinya diperkaya. Pertumbuhan dan produksi spora jamur terbaik terjadi pada media beras. Kata kunci: beras, bonggol pisang, kulit ubi ubikayu, Purpureocillium lilacinum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:04
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55812

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir