STRATEGI KOMUNIKASI PRODUSER DALAM MENJAGA EKSISTENSI PROGRAM SIARAN BERITA “WARTA LAMPUNG” DI STASIUN TELEVISI LPP TVRI LAMPUNG

Muhammad Chausar, 1216031067 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PRODUSER DALAM MENJAGA EKSISTENSI PROGRAM SIARAN BERITA “WARTA LAMPUNG” DI STASIUN TELEVISI LPP TVRI LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2527Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1823Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berita merupakan laporan peristiwa (fakta) yang disertai dengan pendapat (opini) yang bersifat aktual, penting, dan juga menarik. Seorang produser dituntut untuk selalu memberikan ide, gagasan dan pemikiran untuk suatu program acara secara baik dan sistematis serta mempunyai kemampuan untuk memimpin dan bekerjasama dengan seluruh kerabat kerja dan unsur–unsur produksi yang terkait. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi produser siaran “Warta Lampung” di stasiun televisi LPP TVRI Lampung dalam menjaga eksistensi program. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi penelitian. Teknik penentuan informan ditentukan dengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi komunikasi produser yang ada pada Warta Lampung yaitu adanya pengarahan dan pemberitan tugas dari produser kepada seluruh kru Warta Lampung. Selain itu, dalam tahap ini produser juga memberikan pemahaman tentang: 1). Penentuan tema, 2). Mencari narasumber, 3). Mengumpulkan data dan informasi. Strategi komunikasi produser dalam tahapan produksi acara siaran merupakan proses produksi berdasarkan karakteristik program acara guna meningkatkan mutu suatu produk acara, yaitu pesan dalam bentuk acara yang dipublikasikan. Produser dalam hal ini sebagai orang yang bertanggungjawab dalam kegiatan produksi program acar Warta Lampung mengkomunikasi kaidah penulisan naskah berita yang baik dan benar serta kaidah tata cara pengambilan gambar yang baik dalam proses liputan berita. Tahap terakhir dalam proses produksi sebuah program acara adalah pasca produksi. Strategi komunikasi produser dalam tahapan pasca produksi untuk proses produksi siaran langsung biasanya hanya terdiri dari evaluasi. Evaluasi dilakukan oleh produser dengan mengkomunikasikan hal-hal apa saja yang harus diperbaiki serta ada atau tidaknya kekurangan dalam seluruh proses produksi program acara Warta Lampung. Kata kunci: strategi produser, komunikasi, program siaran berita News is a report of events (facts) accompanied by opinions (opinions) that are actual, important, and also interesting. A producer is required to always give ideas, ideas and thoughts for a program in a good and systematic manner and has the ability to lead and cooperate with all working relatives and related production elements. The purpose of this study is to find out and describe the communication strategy of the producers of "Warta Lampung" broadcasts on the television station LPP TVRI Lampung in maintaining the existence of the program. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. Data collection techniques obtained by observation, interviews, research documentation. The informant determination technique was determined by the snowball sampling technique. The results showed that the producer communication strategy that existed in Warta Lampung was the direction and assignment of duties from the producer to the entire crew of Warta Lampung. In addition, in this stage the producer also provides an understanding of: 1). Determination of the theme, 2). Looking for sources, 3). Gather data and information. Strategy communication producer in the stage of broadcast program production is a production process based on the characteristics of the program in order to improve the quality of an event product, namely messages in the form of published programs. The producer in this case as the person responsible for the production activities of the Lampung News program, communicates the rules of writing good and correct news scripts and the rules of procedures for taking good pictures in the process of news coverage. The last stage in the production process of an event program is post-production. The producer communication strategy in the post-production stage for the live broadcast production process usually only consists of evaluation. The evaluation is carried out by the producer by communicating what matters that must be corrected as well as the presence or absence of deficiencies in the entire production process of the Lampung News program. Keywords: producer strategy, communication, news broadcast program

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:04
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55830

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir