YENI ARDILA, 0913031074 (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT DAN MEDIA ICT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 METRO KOTA METRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (343Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (483Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Perkembangan jaman menuntut guru untuk melakukan perubahan pada proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain media pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Menggunakan Media Hand Out dan Media ICT Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Metro Kota Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun penelitian ini bertujuan untuk keefektifan media ICT dibandingkan media hand out dalam pencapaian hasil belajar IPS Terpadu pada siswa. Kedua media pembelajaran diterapkan dikelas yang berbeda. media ICT pada kelas eksperimen, yaitu kelasVII A dan media hand out pada kelas kontrol yaitu kelas VII B Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII sebanyak 192 siswa dengan jumlah sampel 64 siswa terbagi dalam kelas yang berbeda, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan menggunakan rumus separated varians terlihat bahwa thitung (2,019) > ttabel (1,999). . Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran ICT dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran hand out. (2) hasil belajar IPS Terpadu yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran ICT lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran hand out. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Hand Out, Media ICT.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 04:18 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 04:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5584 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |