PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH ANAK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK ASUH (Studi pada Tempat Penitipan Anak Fun Daycare Bandarlampung)

MIA KARTIKA CHANDRA, 1416031079 (2019) PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGASUH ANAK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK ASUH (Studi pada Tempat Penitipan Anak Fun Daycare Bandarlampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2451Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1946Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Orang tua yang telah memiliki anak harus memberikan waktu, kasih sayang dan perhatian. Namun disisi lain kewajiban dalam memenuhi kebutuhan ekonomi (bekerja) juga tidak dapat dikesampingkan. Hal ini banyak membuat orang tua lebih memilih tempat atau wadah untuk mereka merasa aman dan mempercayakan anak mereka pada tempat penitipan anak seperti daycare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan komunikasi interpersonal pengasuh anak terhadap kemampuan interaksi sosial anak asuh pada tempat penitipan anak Fun Daycare Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara mendalam dengan informan, studi pustaka serta observasi dilapangan untuk mendapatkan hasil yang relevan dan akurat. Penelitian ini menggunakan teori DeVito dengan pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pengasuh di Fun Daycare Bandarlampung memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak asuh yang meliputi peningkatan kemandirian, kemampuan motorik, kepercayaan diri, bekerja sama dan lain sebagainya yang mengarah kepada peningkatan kemampuan interaksi sosial. Dari kelima aspek pendekatan humanistik yang telah dilaksanakan oleh para pengasuh di Fun Daycare, aspek keterbukaan merupakan aspek yang paling mendominasi keberhasilan dalam komunikasi interpersonal pengasuh kepada anak asuh. Sedangkan aspek humanistik yang paling akhir tingkat keberhasilannya adalah kesetaraan. Kesimpulan penelitian ialah komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pengasuh memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak asuh di Fun Daycare Bandarlampung. Kata kunci: komunikasi interpersonal, pendekatan humanistik DeVito, interaksi Parents who have children must give time, love and attention. But on the other hand the obligation to fulfill economic needs (work) also cannot be ruled out. This makes many parents prefer places or containers for them to feel safe and entrust their children to day care centers such as daycare. The purpose of this study was to describe the role of child care interpersonal communication on the ability of social interaction of foster children in the Fun Daycare Bandarlampung daycare center. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques in the form of in-depth interviews with informants, literature studies and field observations to get relevant and accurate results. This study uses DeVito's theory with an approach to humanistic aspects, namely openness, empathy, supportive attitude, positive attitude, and equality. The results of this study are known that caregivers at Bandarlampung Fun Daycare are able to improve the ability of foster children's social interaction which includes increased independence, motor skills, self-confidence, working together and so on that leads to increased social interaction skills. Of the five aspects of the humanistic approach that have been carried out by caregivers in Fun Daycare, aspects of openness are the most dominating aspects of success in caregiver interpersonal communication to foster children. Whereas the last humanistic aspect of success is equality. The conclusion of the study is that interpersonal communication carried out by caregivers has a very important role in improving the social interaction skills of foster children in Bandarlampung Fun Daycare. Keywords : interpersonal communication, humanistic DeVito approach, social interaction, caregiver, daycare.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:04
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55840

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir