ERIKA WIDIASTUTI, 1316031022 (2019) CITRA PRESIDEN DALAM MEDIA SOSIAL (Studi Pada Vlog Kaesang). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2786Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2317Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Salah satu jenis media sosial yang bisa dimanfaatkan dalam upaya mengkonstruksi representasi diri adalah YouTube. Salah satu konten YouTube yang menjadi viral dikalangan pengguna internet adalah vlog (video-blog) milik Kaesang Pangarep yang mengikutsertakan ayahnya yang juga merupakan Presiden RI saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menganalisis citra diri Presiden RI (Joko Widodo) yang terdapat di dalam video-blog Kaesang dan melihat makna atau pesan apa yang ingin disampaikan oleh Kaesang kepada penonton dalam Channel YouTube #PILOK Kaesang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana citra seorang Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia yang ditampilkan dalam video blog (vlog) Kaesang edisi PILOK “Adu Panco, Pulang Rumah Diejek Bapak, dan Telpon Neisha”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Joko Widodo memanfaatkan media sosial dalam membentuk citra. Joko Widodo juga direpresentasikan sebagai pemimpin egaliter. Citra Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia direpresentasikan sebagai pemimpin yang sederhana, merakyat dan berbeda dengan presiden-presiden sebelumnya, ia mampu menjangkau semua aspirasi berbagai kalangan masyarakat. Kata Kunci : Citra, Presiden, Media Sosial, Joko Widodo, YouTube, Vlog. One type of social media that can be utilized in an effort to construct self representations is YouTube. One of the YouTube contents that was viral among internet users was Kaesang Pangarep's vlog (video-blog) which included his father who is also the current President of the Republic of Indonesia. Based on this situation, this study analyze the self-image of the President of Indonesia (Joko Widodo) contained in Kaesang's videos and see the meaning or message Kaesang wants to convey to the audience on the #PILOK YouTube Channel Kaesang. This study uses a qualitative research method with Roland Barthes's semiotic analysis. This research, focuses on how the image of a Joko Widodo as President of the Republic of Indonesia is displayed in the blog video (vlog) of the edition of PILOK "Adu Panco, Going Home Mocked by Father, and Neisha Phone". The results of this study indicate that, Joko Widodo uses social media in shaping the image. Joko Widodo is also represented as an egalitarian leader. The image of Joko Widodo as President of Indonesia was represented as a leader who was simple, populist and different from previous presidents, he is able to reach all aspirations of various community groups. Keywords: Image, President, Social Media, Joko Widodo, YouTube, Vlog.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 07:37 |
Terakhir diubah: | 25 Mar 2022 07:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55856 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |