GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI PERAHU KERTAS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Siti Nurhamidah, 1513041005 (2019) GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI PERAHU KERTAS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1134Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1135Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan yang terdapat pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan memilih puisi-puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah gaya bahasa retoris yang berupa fonem, kata, frasa dan klausa serta gaya bahasa kiasan dari setiap puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono penyair menggunakan beberapa gaya bahasa retoris, yaitu aliterasi, asonansi, elipsis, asindeton, polisindeton, dan hiperbol, serta menggunakan beberapa gaya bahasa kiasan, yaitu parabel, dan personifikasi. Penggunaan gaya bahasa retoris pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono merupakan suatu usaha penyair untuk memunculkan suasana tertentu dalam setiap puisinya, yaitu sedih, haru, bahagia, kagum, hening dan dengan sengaja digunakan agar pembaca turut merasakan apa yang dirasakan oleh penyair melalui puisi. Selain itu, penggunaan gaya bahasa kiasan pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono digunakan penyair untuk membandingkan makna puisi terhadap sesuatu hal lain. Hasil penelitian ini dapat dirancang pembelajarannya sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas X semester genap dengan kompetensi dasar 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. Tujuan pembelajaran siswa yaitu mampu memahami ragam gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan yang terdapat pada puisi. Kata kunci: gaya bahasa retoris, gaya bahasa kiasan, kumpulan puisi, rancangan pembelajaran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 188352712 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:47
Last Modified: 20 Feb 2019 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55857

Actions (login required)

View Item View Item