ENINDITA PRASTIWI, 1416031050 (2019) KEBIJAKAN REDAKSIONAL KORAN LOKAL DI LAMPUNG DALAM PEMBERITAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2018. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3605Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3035Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Indonesia telah menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 Juni 2018 yang diikuti oleh 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten se-Indonesia termasuk Provinsi Lampung. Pemilihan Kepala Daerah merupakan salah satu implementasi demokrasi di Indonesia. Media massa dan politik merupakan kedua hal yang tidak dapat dipisahkan. Segala pemberitaan mengenai Pilkada di Lampung tidak luput dari sorotan media cetak lokal di Lampung yaitu Lampung Post, Radar Lampung, Tribun Lampung, Kupas Tuntas dan Trans Lampung. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan redaksional koran lokal di Lampung dalam pemberitaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori Hirarki Pengaruh Isi Media oleh Pamela J.Shoemaker dan Stephen D.Reese. Teori yang menjelaskan adanya pengaruh dalam suatu pemberitaan di media. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang telah diperoleh dari hasil wawancara dengan jurnalis, kepala pemberitaan media cetak, anggota Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, pengamat media dan pengamat politik di Lampung serta dokumentasi dan observasi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, kebijakan redaksional koran lokal di Lampung dalam pemberitaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung tahun 2018, terpengaruhi dari kelima faktor hirarki. Faktor Individu,wartawan dipengaruhi oleh nilai keprofesionalitasan wartawan. Faktor Rutinitas Media digambarkan melalui rapat redaksi pada proses pemilihan dan penyusunan berita. Faktor Organisasi Media berpengaruh secara tidak langsung berupa arahan dari pimpinan. Faktor Ekstra Media pihak luar yang memiliki pengaruh adalah pengiklan, sumber berita, teknologi dan kontrol dari pemerintah. Faktor ideologi, pemberitaan mengedepankan fakta yang ada di lapangan. Faktor yang paling berpengaruh adalah faktor rutinitas media, ekstra media dan ideologi media. Kata Kunci : Kebijakan Redaksional, Koran Lokal, Pilkada Indonesia has organized a simultaneous local elections on June 27, 2018, followed by 17 provincial, 39 and 115 City Regency in Indonesia including Lampung Province. Regional Head Election is one implementation of democracy in Indonesia. The mass media and politics are two things that can not be separated. All the news about the elections in Lampung was criticized in the local print media, namely Lampung Post, Radar Lampung, Tribun Lampung, Kupas Tuntas and Trans Lampung. Based on the above background, the purpose of this study was to determine how the editorial policy of local newspapers in Lampung in spreading the Regional Head Election (Election) Governor and Vice Governor of Lampung in 2018. In this study, researchers used Contents Media Influence Hierarchy Theory by Pamela J.Shoemaker and Stephen D.Reese. The theory explains the influence of a media exposure. The study used a qualitative approach with descriptive methods. The data have been obtained from interviews with journalists, the head of the print media reports, members of the Election Commission, the Election Supervisory Board, media analysts and political observers in Lampung as well as documentation and observation. Based on this research, a local newspaper editorial policy in Lampung in spreading the Regional Head Election (Election) Governor and Vice Governor of Lampung in 2018, influenced the hierarchy of the five factors. Individual factors, the reporter is influenced by the value of professionalism of journalists. Routines Factor Media is illustrated by an editorial meeting on the electoral process and preparation of the news. Factors Media Organization indirect effect in the form of directives from the leadership. Extra Factor Media outsiders who have influence are advertisers, news sources, technology and control of the government. Factors ideology, preaching emphasizes the fact that there are in the field. The most influential factor is the factor of media routines, extra media and media ideology. Key Words: Editorial Policy, Local Media, Regional Head Election.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 07:37 |
Terakhir diubah: | 25 Mar 2022 07:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55861 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |