ANALISIS MOTIVASI PENGGUNAAN APLIKASI SING! KARAOKE BY SMULE OLEH ANGGOTA UKM PADUAN SUARA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG

Yunita Damayanti, 1316031079 (2019) ANALISIS MOTIVASI PENGGUNAAN APLIKASI SING! KARAOKE BY SMULE OLEH ANGGOTA UKM PADUAN SUARA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3041Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2732Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan informasi dan teknologi di era modern ini sangat berpengaruh dengan memanfaatkan kemajuan media sosial sebagai sarana memotivasi seseorang. Kemudahan menggunakan media sosial membuat pengguna memotivasi diri mereka untuk mengambil keuntungan dari media sosial khususnya aplikasi Sing! Karaoke by Smule untuk mengembangkan potensi diri yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis motivasi anggota UKM Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung dalam menggunakan aplikasi Sing! Karaoke by Smule. Teori yang digunakan adalah teori motivasi berprestasi MC Clelland dan teori motivasi hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dijelaskan dalam formulir uraian informasi, hal-hal yang sesuai dalam penelitian ini adalah kriteria informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai sekelompok paduan suara mahasiswa Universitas Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi anggota Paduan Suara Mahasiswa dalam penggunaan aplikasi Sing Karaoke by Smule karena anggota Paduan Suara Mahasiswa membutuhkan tujuan realistik dan rencana di dalam mengembangkan bakat, mencapai kejuaraan dalam kompetisi dengan merencanakan latihan secara serius sehingga mereka mendapatkan hasil yang lebih baik, sedangkan dalam motivasi hierarki kebutuhan yang diperlukan adanya penghargaan dan aktualisasi diri pada anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Lampung, di mana penghargaan tersebut diraih dengan praktik dan tanggung jawab yang disiplin sehingga pencapaian tersebut dapat tercapai sementara aktualisasi diri menjadikan tujuan dalam ekspresi diri dan menyalurkan bakat menyanyi menjadi lebih berkualitas. Kata Kunci: Motivasi, Media Sosial, Teori Motivasi Berprestasi Mc Clelland, Teori Motivasi Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow The development of information and technology in this modern era is very influential by utilizing the advanced of social media as a mean of motivating someone. The ease of using social media makes the user motivates themselves to take advantage of social media especially Sing Karaoke app by Smule to develop the selfpotential that they have. The aim of this study is analyzing the UKM members of Lampung University Student Choir’s motivation on using Sing! Karaoke app by Smule. The theory which were used are the MC Clelland’s achievement motivation theory and the Abraham Maslow’s needs hierarchy motivation theories. This study used qualitative descriptive method that is explained in the information description forms, the accordance things in this study are the informant criterias. The data collection in this study was conducted by interviewing a group of Lampung University student choir. The results showed that Choir Students motivation in using Sing Karaoke application by Smule for Choir Students because they need realistic interest and plans in developing talent, achieving a championship in competition by planning exercises seriously so that they get better results, while in the needs hierarchy motivation required the existence of choice and self-actualization in Choir Students Lampung University members, where awards were achieved with a disciplined practice and responsibility so that the achievement can be achieved while self-actualization makes the purpose in self-expression and channeling singing talent to be more qualified. Keywords: Motivation, Social Media, MC Clelland’s Achievement Motivation Theories, Abraham Maslow’s Needs Hierarchy Motivation Theories

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:40
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir