KERAGAMAN ARTROPODA MUSUH ALAMI YANG BERASOSIASI DENGAN HAMA KUTU PUTIH Phenacoccus manihoti Matile-Ferrero PADA BEBERAPA SENTRA PRODUKSI UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz.) DI LAMPUNG

NOVA SILVIA PUTRI, 1414121178 (2019) KERAGAMAN ARTROPODA MUSUH ALAMI YANG BERASOSIASI DENGAN HAMA KUTU PUTIH Phenacoccus manihoti Matile-Ferrero PADA BEBERAPA SENTRA PRODUKSI UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz.) DI LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2123Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2166Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2166Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kutu Putih Phenacoccus manihoti Matile-Ferrero merupakan hama invasif yang dapat merusak tanaman ubi kayu. Keragaman dan kemelimpahan artropoda musuh alami P. manihoti merupakan program pengendalian hayati yang dapat menekan penyebaran hama P. manihoti. Penelitian ini bertujuan untuk mendata dan mengidentifikasi jenis–jenis artropoda musuh alami yang ditemukan berasosiasi dengan kutu putih Phenacoccus manihoti dan mengetahui kelimpahan, keragaman populasi artropoda musuh alami dari P.manihoti pada pertanaman ubi kayu di beberapa lokasi di Lampung, seperti Pekalongan (Lampung Timur), Seputih Agung dan Bekri (Lampung Tengah), Tanjung Bintang dan Jati Agung (Lampung Selatan). Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik acak sistematik (Systematic Sampling) dengan menentukan 5 baris tanaman sebagai subsampel. Setiap subsampel yang diamati diukur sepanjang 20 m dan diambil 8 sampel tanaman pada setiap baris pengamatan. Pengambilan sampel artropoda menggunakan perangkap kain hampar (Ground clouth) dengan ukuran 70 cm x 70 cm yang dibentangkan didekat tanaman sampel pengamatan. Artropoda yang ditemukan dikoleksi dalam botol yang berisi alkohol 70%, selanjutnya diidentifikasi di Laboratorium Hama Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Pengamatan artropoda dilakukan sebanyak 6 kali dengan interval waktu satu minggu. Jumlah artropoda yang terkumpul adalah 980 ekor, yang terdiri atas 4 ordo, 10 famili, dan 12 genus. Berdasarkan jenisnya, artropoda yang menjadi musuh alami adalah Coleoptera, Hymenoptera, Neuroptera dan Araneae. Rata-rata nilai Indeks Keragaman Shannon Wienner (H’) pada lima lokasi penelitian dalam kategori sedang (1<H’ <3,32). Sedangkan, nilai rata-rata Indeks Kemerataan (E) dan Indeks Kekayaan Jenis (DMg) lebih tinggi di Pekalongan (Lampung Timur). Kata kunci : Artropoda, keragaman, musuh alami, Phenacoccus manihoti.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
> Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:41
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55892

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir