PENGUJIAN EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN INSEKTISIDA IGR DIFLUBENZURON TERHADAP MORTALITAS DAN PENGHAMBATAN PERKEMBANGAN KEPIK HIJAU (Nezara viridula) DI LABORATORIUM

OLIVIA CINDOWARNI, 1414121185 (2019) PENGUJIAN EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DAN INSEKTISIDA IGR DIFLUBENZURON TERHADAP MORTALITAS DAN PENGHAMBATAN PERKEMBANGAN KEPIK HIJAU (Nezara viridula) DI LABORATORIUM. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1744Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1367Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insektisida botani ekstrak daun sirsak dan insektisida IGR diflubenzuron terhadap mortalitas dan perkembangan kepik hijau (Nezara viridula). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2018 di Laboratorium Hama Tumbuhan dan Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 5 perlakuan yaitu perlakuan kontrol (P0), ekstrak daun sirsak konsentrasi 4% (P1), ekstrak daun sirsak konsentrasi 8% (P2), ekstrak daun sirsak konsentrasi 12% (P3), dan IGR diflubenzuron konsentrasi 0,1% (P4). Setiap perlakuan diulang tiga kali yang digunakan sebagai kelompok. Variabel yang diamati adalah mortalitas nimfa dan perkembangan N. viridula (umur instar, kecacatan nimfa, dan imago terbentuk). Data pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan pengujian Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak daun sirsak dan insektisida IGR diflubenzuron berpengaruh nyata menimbulkan mortalitas dan menghambat perkembangan N. viridula. Secara umum, peningkatan konsentrasi ekstrak daun sirsak dan pemberian IGR diflubenzuron meningkatkan mortalitas dan penghambatan perkembangan N. viridula. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi masing-masing insektisida efektif menimbulkan mortalitas dan penghambat perkembangan N. viridula. Kata kunci : ekstrak daun sirsak, insektisida diflubenzuron, N. viridula, mortalitas, perkembangan nimfa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
> Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:41
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55906

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir