INOVASI BUMN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Tentang Inovasi PT. PLN Distribusi Lampung Melalui Program Rumah Kreatif BUMN)

Indah Pebriana, 1516041004 (2019) INOVASI BUMN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Tentang Inovasi PT. PLN Distribusi Lampung Melalui Program Rumah Kreatif BUMN). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3135Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3136Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The micro, small and medium enterprises sector is an important sector in improving the economy in Indonesia. This is because this sector has an important role in reducing unemployment. So the government gives more attention to this sector, namely by developing the micro, small and medium enterprises sector through a program called BUMN Creative House. PT. PLN Distribusi Lampung is responsible for the program. The development is carried out by involving business people who will be given coaching and training in improving the quality of their business. This study aims to identify, analyze and know the process of implementing the BUMN Creative Home program.The type of research used is descriptive type with a qualitative approach. Data collection is done by interview, documentation, and observation. Based on the research that has been done, it can be concluded that the implementation of the BUMN Creative Home program has run quite well.The BUMN Creative Home program is one part of innovation because this program is a new breakthrough issued by the government in order to help business people in Indonesia by prioritizing technology.It is recommended that the development of the micro, small and medium enterprises sector through the BUMN Creative Home program be optimized in terms of fulfilling a number of fixed operating procedures that have not been carried out optimally. Keywords: UMKM Development, Innovation, BUMN Creative Home. Sektor usaha mikro, kecil dan menengah merupakan sektor yang penting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Hal tersebut karena sektor ini mempunyai peran penting dalam menurunkan angka pengangguran. Maka pemerintah memberikan perhatian yang lebih pada sektor ini yaitu dengan melakukan pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah melalui sebuah program yang bernama Rumah Kreatif BUMN. PT. PLN Distribusi Lampung merupakan penanggung jawab dari program tersebut. Pengembangan tersebut dilakukan dengan melibatkan para pelaku usaha yang akan diberikan pembinaan dan pelatihan dalam meningkatkan kualitas usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengetahui proses pelaksanaan program Rumah Kreatif BUMN. Tipe Penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Rumah Kreatif BUMN telah berjalan dengan cukup baik. Program Rumah Kreatif BUMN merupakan salah satu bagian dari inovasi karena program ini merupakan terobosan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka membantu para pelaku usaha di Indonesia dengan mengedepankan teknologi. Sebaiknya pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah melalui program Rumah Kreatif BUMN lebih dioptimalkan dalam hal memenuhi beberapa prosedur operasi tetap yang belum terlaksana dengan maksimal. Kata kunci: pengembangan UMKM, Inovasi, RumahKreatif BUMN.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT . Digilib8
Date Deposited: 24 Mar 2022 16:11
Terakhir diubah: 24 Mar 2022 16:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir