STUDI HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG AIR DI LAHAN BASAH DESA MARGASARI KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Miranti Febriani Safitri, 1517021049 (2019) STUDI HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG AIR DI LAHAN BASAH DESA MARGASARI KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3056Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2477Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keanekaragaman jenis burung di suatu tempat dipengaruhi oleh kondisi habitat yang dibutuhkan bagi berlangsungnya kehidupan burung, termasuk burung air. Lahan basah di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai ini memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup burung air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi habitat, membandingkan keanekaragaman jenis burung dan mengetahui jenis apa saja yang ditemukan di setiap lokasi penelitian. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2019 di lahan basah Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur yaitu di areal sawah, tambak, dan hutan mangrove. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode titik hitung atau Point Count. Terdapat tiga titik hitung di setiap lokasi pengamatan dengan jarak antar titik kurang lebih 50 meter dan pengamatan selama 15-20 menit di setiap titiknya. Pengambilan data dilakukan pada pagi hari pukul 06.00 – 09.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 – 18.00 WIB selama 12 hari. Analisis data terkait kondisi habitat dilakukan secara deskriptif, ii sedangkan keanekaragaman jenis dihitung berdasarkan nilai kelimpahan jenis burung, indeks keanekaragaman, dan kelimpahan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks keanekaragaman disawah yaitu 2,03 sedangkan ditambak 2,17, dan tertinggi terdapat di habitat hutan mangrove yaitu sebesar 2,80. Kata kunci : burung air, lahan basah, habitat, keanekaragaman, margasari lampung timur.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:48
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56068

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir