POTENSI EKSTRAK AIR BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi. L) SEBAGAI BAHAN ANTI BROWNING UMBI KENTANG (Solanum tuberosum L.)

Meliya Trinandawati, 1517021004 (2019) POTENSI EKSTRAK AIR BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi. L) SEBAGAI BAHAN ANTI BROWNING UMBI KENTANG (Solanum tuberosum L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2357Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1996Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ekstrak air buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) memiliki potensi sebagai bahan anti browning pada umbi kentang (Solanum tuberosum L.)”. Penelitian ini telah dilaksanakan di Labroratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung pada bulan November 2018. Penelitian dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor utama adalah ekstrak buah belimbing wuluh dengan 5 konsentrasi : 0%v/v (kontrol), 5% v/v, 10% v/v, 15% v/v, 20% v/v. Setiap perlakuan diulang 5 kali. Variabel parameter kuantitatif dalam penelitian ini adalah nilai tengah (μ) dari semua variabel tidak bebas, sedangkan parameter kualitatif adalah level gula pereduksi. Uji Levene, analisis ragam, dan uji BNJ dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air buah belimbing wuluh tidak dapat menurunkan indeks browning umbi kentang dan tidak mempengaruhi kandungan karbohidrat terlarut total dan aktivitas enzim dehidrogenase umbi kentang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak air buah belimbing wuluh tidak dapat diaplikasikan ke umbi kentang untuk menurunkan indeks browning. Kata Kunci: Anti browning, Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.), enzim dehidrogenase, karbohidrat terlarut total, kentang (Solanum tuberosum L.)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:49
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56077

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir