PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM DAN BOBOT UTERUS PADA MENCIT (Mus musculus L.)

Maya Anisa Nevanka, 1517021014 (2019) PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM DAN BOBOT UTERUS PADA MENCIT (Mus musculus L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (703Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (981Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (982Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemerintah selalu melakukan berbagai upaya mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia salah satunya melalui program KB (Keluarga Berencana). Namun beberapa hasil penelitian menunjukkan penggunaan kontrasepsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Maka diperlukan pemanfaatan tanaman obat sebagai alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.) dalam menurunkan ketebalan lapisan endometrium dan berat uterus pada mencit. Senyawa aktif seperti annonain dan acetogenins dari golongan alkaloid, saponin, flavonoid serta tanin yang terkandung dalam tanaman sirsak bersifat antifertilitas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 1 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan. Kelompok K (Kontrol) diberi 0,3 ml aquabides. Kelompok perlakuan (P1) 300 mg/Kg BB dalam 0,3 ml aquabides, (P2) 450 mg/Kg BB dalam 0,3 ml aquabides, (P3) 600 mg/Kg BB dalam 0,3 ml aquabides. Pemberian ekstrak dilakukan selama 14 hari. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan One Way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf kepercayaan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semakin tinggi dosis pemberian ekstrak daun sirsak selama 14 hari dapat menurunkan ketebalan lapisan endometrium dan bobot uterus. Hal ini diakibatkan penurunan sekresi FSH dan terjadi umpan balik negatif pada hipotalamus. Sehingga sekresi estrogen juga menurun akibat folikel tidak berkembang. Kata kunci: Antifertilitas, bobot, uterus, endometrium, Annona muricata L.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:36
Terakhir diubah: 25 Mar 2022 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56084

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir