Sumirat Dyah Wulandari, 0913022069 (2013) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA PADA MATERI VISKOSITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. cover dalam.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. menyetujui.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. mengesahkan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. surat pernyataan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. riwayat hidup.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. motto.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. persembahan.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. sanwacana.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. daftar isi.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (439Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (371Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (182Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (83Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Media pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting di dalam proses pembelajaran karena dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran fisika terutama alat peraga sangat diperlukan untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga viskositas beserta lembar kerja siswa (LKS). Prosedur pengembangan alat peraga ini meliputi : analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun naskah media, produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan, dan produk akhir. Validasi ahli dilakukan oleh pakar fisika dan guru fisika. Hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa alat peraga viskositas dan LKS sebagai penuntun praktikum telah sesuai dengan desain yang direncanakan dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba lapangan dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung sebanyak dua kali, yaitu uji coba satu lawan satu dan uji kelompok kecil. Pada tahap uji satu lawan satu dilakukan terhadap 4 orang siswa dan uji kelompok kecil dilakukan terhadap 20 orang siswa kelas XI IPA. Hasil Sumirat Dyah Wulandari dari uji coba lapangan menunjukan bahwa alat peraga viskositas dan LKS penuntun praktikum yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi pembelajaran, selain itu alat peraga yang dihasilkan desainnya sangat menarik, mudah digunakan, dan bahan- bahan yang digunakan relatif murah. Kata kunci : alat peraga, media pembelajaran, penelitian pengembangan, dan viskositas.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 07:28 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 07:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5620 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |