PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA PADA MATERI VISKOSITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Sumirat Dyah Wulandari, 0913022069 (2013) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA PADA MATERI VISKOSITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
2. abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3. cover dalam.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. menyetujui.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5. mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
6. surat pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
8. riwayat hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
7. motto.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
9. persembahan.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
10. sanwacana.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
11. daftar isi.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab I.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab II.pdf

Download (439Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab III.pdf

Download (371Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (182Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Bab V.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (83Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Media pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat penting di dalam proses pembelajaran karena dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran fisika terutama alat peraga sangat diperlukan untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga viskositas beserta lembar kerja siswa (LKS). Prosedur pengembangan alat peraga ini meliputi : analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun naskah media, produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan, dan produk akhir. Validasi ahli dilakukan oleh pakar fisika dan guru fisika. Hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa alat peraga viskositas dan LKS sebagai penuntun praktikum telah sesuai dengan desain yang direncanakan dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba lapangan dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung sebanyak dua kali, yaitu uji coba satu lawan satu dan uji kelompok kecil. Pada tahap uji satu lawan satu dilakukan terhadap 4 orang siswa dan uji kelompok kecil dilakukan terhadap 20 orang siswa kelas XI IPA. Hasil Sumirat Dyah Wulandari dari uji coba lapangan menunjukan bahwa alat peraga viskositas dan LKS penuntun praktikum yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi pembelajaran, selain itu alat peraga yang dihasilkan desainnya sangat menarik, mudah digunakan, dan bahan- bahan yang digunakan relatif murah. Kata kunci : alat peraga, media pembelajaran, penelitian pengembangan, dan viskositas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 05 Dec 2014 07:28
Terakhir diubah: 05 Dec 2014 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir