ANALISIS KINERJA RUAS JALAN SETELAH ADANYA FLYOVER (Studi Kasus Jl. Indra Bangsawan)

RAGIL PRIAWAN, 1315011092 (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN SETELAH ADANYA FLYOVER (Studi Kasus Jl. Indra Bangsawan). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2008Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2009Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peningkatan jumlah kendaraan tidak seiring dengan peningkatan prasarana transportasi. Pembangunan Jalan layang (flyover) merupakan salah satu tindakan penyediaan prasarana transportasi yang membantu meningkatkan kapasitas jalan. Namun pada saat pembangunan jalan layang (flyover) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, perlu diperhatikan juga rute baru yang akan dipilih untuk menjadi solusi kemacetan yang ada. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisa kinerja ruas Jl. Indra Bangsawan dalam kondisi eksisting serta memberi solusi alternatif agar kinerja ruas tersebut lebih optimal. Pada analisa kinerja simpang ini digunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Berdasarkan hasil penelitian pada ruas jalan diketahui bahwa kondisi eksisting masing - masing segmen mengalami jenuh (DS >0,70) yaitu pada segmen I sebesar 1.16, Segmen II sebesar 1.37 dan Segmen III sebesar 1.24, dengan kepadatan tertinggi pada segmen II. Untuk meningkatkan kinerja ruas tersebut, dilakukan beberapa alternatif perbaikan dengan pelebaran dimensi jalan, penerapan sistem satu arah, penutupan lajur dan pengendalian hambatan samping. Dari alternatif tersebut solusi perbaikan yang efektif yakni penerapan sistem satu arah dan pengendalian hambatan samping. KataKunci:, DerajatKejenuhan, Kapasitas ,Kepadatan, Ruas Jalan The increase in the number of vehicles is not in line with the increase in transportation infrastructure. The construction of flyovers is one of the measures to provide transportation infrastructure that helps to enhance the highway capacity. However, there are several things that need to be considered of the construction of flyover. In addition to reducing traffic density, it is also necessary to pay attention to the new routes that will be chosen to be the solution to the existing traffic congestion. The research objective is to analyze the performance of the section of Jl. Indra Bangsawan in its existing condition and provides alternative solutions so that it is more optimal. 1997 Indonesian Road Capacity is used to analyze the performance of this intersection. Based on the results of research, it is known that the existing conditions of each segment are saturated (DS> 0.70), namely in the first segment of 1.16, Segment II of 1.37 and Segment III of 1.24, with the highest density in segment II. To improve the performance of the section, several alternative improvements were made with widening road dimensions, applying one-way systems, closing lanes and controlling side barriers. From these alternatives an effective repair solution is the application of a one-way system and control of side barriers. Keywords :, Degree of Saturation, Capacity, Density, Roads

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 26 Mar 2022 12:29
Terakhir diubah: 26 Mar 2022 12:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56365

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir