KASRI PATAKOM, 1315011063 (2019) KAJIAN POLA OPERASI DAN DESAIN PENATAAN EMPLASEMEN STASIUN PADA JALUR LONGCUT TEGINENENG - TARAHAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1912Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1913Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Saat ini kondisi lalu lintas perkeretaapian di Provinsi Lampung termasuk dalam katagori padat, banyaknya perlintasan sebidang yang dilewati jalur kereta, menimbulkan kemacetan khususnya di kota Bandarlampung. Dengan demikian, salah satu alternatif yang diusulkan adalah membangun jalur longcut kereta api dari Tegineneng sampai KM3 di Panjang dimana kereta barang tidak melintas di kota Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola operasi untuk kereta api Babaranjang termasuk penataan emplasemen baru di jalur longcut dari Tegineneng–KM3 Panjang. Lokasi penelitian dilakukan di daerah Tegineneng-Tarahan, dimana akan dibuat longcut yang bersampingan dengan pembangunan jalan Tol Sumatera. Penelitian ini mendapatkan data-data dilakukan dengan dengan cara metode institusional, kajian terdahulu dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target produksi tahunan pada tahun 2020 dengan rencana angkutan menuju Tarahan, PT. Bukit Asam, SRENGSEM dan PT. PULP masing-masing sebesar 25 juta ton, 22 juta ton dan 1 juta ton. Menghasilkan jumlah rangkaian kereta api 25 dan 22 rangkaian kereta api isi, dalam satu kali keberangkatan yang terdiri dari 60 gerbong bermuat 50 ton per gerbongnya dan 3 rangkaian kereta api isi, dalam satu kali keberangkatan yang terdiri dari 40 gerbong bermuat 30 ton per gerbongnya. Jumlah frekuensi kereta api dari Tarahan–Tanjungenim Baru pulang pergi yang telah ditentukan sebesar 124 kereta per hari, masih memenuhi kapasitas lintas yang tersedia 126 kereta per hari. Untuk emplasemen stasiun Tegineneng menambah jalur dari 2 menjadi 6, stasiun Sukamenanti menambah arah jalur dari stasiun Tanjungkarang menjadi stasiun Tanjungkarang dan Karangsari kemudian menambah satu stasiun Karangsari diantara stasiun Tegineneng dan KM3 Panjang. Kata Kunci : kereta api, pola operasi, emplasemen stasiun Nowadays the railroad traffic conditions in Lampung Province are included in the solid category, the number of crossings level that are passed by the railroad line causing traffic jam especially in Bandarlampung. One of the alternatives proposed is to build a longcut train line from Tegineneng to KM3 in Panjang where freight trains will not pass Bandarlampung. This study aims to examine the operating patterns for babaranjang trains including the arrangement of new emplacement in the longcut line from Tegineneng-KM3 Panjang. The location of this study is at Tegineneng-Tarahan area, where a longcut will be made alongside the construction of the Sumatra Toll Road. This study obtain its data from institutional methods, previous studies and observation methods. The results of the study show that the annual production target in 2020 with planned transportation to Tarahan, PT. Bukit Asam, SRENGSEM and PT. PULP are 25 million tons, 22 million tons and 1 million tons. Producing the number of 25 and 22 series of train, consisting of 60 cars carrying 50 tons per carriage and 3 sets of railroad trains in one departure, consisting of 40 cars carrying 30 tons per carriage in one departure. The total fraquency of trains from Tarahan- Tanjungenim Baru commuting has been set at 124 trains per day, fulfilling a cross capacity of 126 trains per day. For the Tegineneng station emplacement, adding some lines from 2 to 6 lines, Sukamenanti station will increase the direction of the route from Tanjungkarang station to Tanjungkarang and Karangsari stations, then add one Karangsari station between Tegineneng and KM3 Panjang stasions. Keywords : train, operating pattern, station emplasement
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 26 Mar 2022 12:37 |
Terakhir diubah: | 26 Mar 2022 12:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56456 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |