SISTEM NAVIGASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN WEB AR

GINANJAR, 1415061018 (2019) SISTEM NAVIGASI KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN WEB AR. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1862Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2992Kb) | Preview

Abstrak

Augmented Reality (AR) adalah bagian dari perkembangan teknologi dan inovasi di bidang multimedia dan image processing. Augmented reality merupakan penambahan realitas yang menggabungkan obyek maya dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata dan memproyeksikan obyek tersebut dalam waktu yang sama. Teknologi AR dapat digunakan sebagai sistem informasi pada perpustakaan. Sistem informasi tersebut berupa navigasi yang membantu pengunjung dalam menemukan lokasi buku yang dicari dengan menggunakan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem navigasi koleksi perpustakaan menggunakan teknologi Web AR di UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode prototyping. Sistem menghasilkan pathfinding navmesh yang dibangun pada game engine unity untuk mempermudah pengunjung menemukan lokasi yang dituju. Pada pengujian sistem, faktor utama yang mempengaruhi pemindaian marker adalah jarak dan sudut. Posisi terbaik untuk melakukan pemindaian marker adalah jarak 5 cm hingga 60 cm dan sudut 5 derajat hingga 65 derajat. Pengujian menggunakan kuesioner atau UAT (user acceptance test) untuk sistem navigasi secara keseluruhan dapat diterima dengan baik, dengan perolehan nilai sangat baik sebesar 36%, nilai baik sebesar 48%, nilai cukup sebesar 13%, dan nilai kurang adalah 3%. Hasil penelitian ini adalah pembangunan AR berbentuk panah 3D mempermudah pengunjung dalam melakukan navigasi. Navigasi pada AR menunjukan lokasi berdasarkan masukan dari nomor buku dan posisi pengunjung. Hasil simulasi terhadap model 3D yang dibuat menggunakan unity dan penerapan Algortima A* dapat menunjukan rute tercepat untuk menemukan lokasi yang dituju. Kata kunci : Perpustakaan , Augmented Reality, Unity, Prototyping. Pathfinding. Algoritma A*(star).ABSTRACT Augmented Reality (AR) is part of the development of technology and innovation in multimedia and image processing. Augmented reality is the addition of a reality that combines a virtual object two dimensional (2D) or three dimensional (3D) into a real environment and projecting the object at the same time. The technology of AR can be used as an information system at the library. The form of navigation information system that assist visitors in finding the location of the books are searchable by using a smartphone. The purpose of this research is to design and build the library collection navigation system with Web technology AR in UPT Library University of Lampung. The methods used in the research are methods of prototyping. The system generates a pathfinding navmesh built game engine unity to facilitate visitors find the intended location. On the testing system, a major factor that affects the scan marker is the distance and angle. The best position to perform a scan marker is a distance of 5 cm to 60 cm and angle of 5 degrees to 65 degrees. Testing using questionnaires or UAT (user acceptance test) for the overall navigation system can be well received, with the acquisition of excellent value of 36%, good value of 48%, then enough value of 13%, and less value is 3%. Research result was development of the arrow-shaped 3D AR facilitate visitors in navigating. Navigation on Augmented Reality show the location based on the input a number of books and the position of the visitor. Simulated results against models created using a 3D unity and applicability of various algorithms A * can show the fastest route to find the intended location. Keywords: Library, Augmented Reality, Unity, prototyping. Pathfinding. Algoritma A*(star).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Teknologi > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
Teknologi > Teknik Elektro. Rekayasa elektronik Nuklir
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: 188337272 . Digilib
Date Deposited: 23 Apr 2019 08:38
Last Modified: 23 Apr 2019 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56475

Actions (login required)

View Item View Item