PENGARUH BAHAN ORGANIK CAMPURAN KASCING DAN LIMBAH PADAT INDUSTRI MSG YANG DIPERKAYA DENGAN BUBUK BATUAN FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Tuti Nurkhomariyah, 1514121116 (2019) PENGARUH BAHAN ORGANIK CAMPURAN KASCING DAN LIMBAH PADAT INDUSTRI MSG YANG DIPERKAYA DENGAN BUBUK BATUAN FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2340Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2319Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan salah satu sayur daun yang penting dan banyak disukai oleh seluruh lapisan masyarakat. Pakcoy termasuk dalam tanaman sayur yang berumur pendek sekitar 30 hari dengan sistem perakaran dangkal dan lemah, yaitu menembus kedalaman tanah antara 5-19 cm. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan tanah gembur dan subur dalam budidaya pakcoy. Namun di provinsi Lampung tanah didominasi oleh tanah Ultisol yang kurang subur. Salah satu cara efektif untuk memperbaiki sifat kimia dan fisika tanah adalah dengan aplikasi bahan organik. Bahan organik yang digunakan adalah kascing (bekas cacing), limbah padat industri MSG dan bubuk batuan fosfat. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Cut Mutia Gang H. Haniah No 10, Gulak Galik, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, pada pada Bulan Mei sampai Juli 2019. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) berdasarkan ukuran bibit dan arah sinar matahari. Terdapat enam perlakuan yang diulang sebanyak enam kali. (P0) kontrol, (P1) kascing (50%), limbah padat industri MSG (50%), (P2) kascing (47,5%), limbah padat industri MSG (47,5%) dan bubuk batuan fosfat (5%), (P3) kascing (45%), limbah padat industri MSG (45%) dan bubuk batuan fosfat (10%), (P4) kascing (42,5%), limbah padat industri MSG (42,5%) dan bubuk batuan fosfat (15%), dan (P5) kascing (40%), limbah padat industri MSG (40%) dan bubuk batuan fosfat (20%). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi bahan organik campuran kascing dan limbah padat industri MSG, maupun kombinasi bahan organik campuran kascing dan limbah padat industri MSG yang diperkaya dengan bubuk batuan fosfat berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang tangkai, lingkar bonggol, bobot segar, panjang akar, bobot basah akar, dan bobot kering akar dibandingkan kontrol. Sehingga padat ditarik kesimpulan kombinasi kascing 50% dan limbah padat industri MSG 50% adalah kombinasi terbaik dibanding kombinasi yang lain karena lebih murah. Kata kunci : paklcoy, kascing, limbah padat industri MSG, bubuk batuan fosfat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:11
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir