VARIASI BAHASA DI ACARA TALKSHOW HITAM PUTIH DALAM EPISODE ANAK PETANI JADI TNI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Reza Putri Ristanti, 1313041073 (2019) VARIASI BAHASA DI ACARA TALKSHOW HITAM PUTIH DALAM EPISODE ANAK PETANI JADI TNI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2327Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1924Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini ialah variasi bahasa di acara talkshow Hitam Putih dalam episode Anak Petani jadi TNI dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan variasi bahasa dalam acara talkshow Hitam Putih dalam episode Anak Petani jadi TNI dan untuk mengetahui implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah video talkshow Hitam Putih unduhan dari www.youtube.com. Data dalam penelitian ini ialah percakapan yang mengandung variasi bahasa antara pembawa acara dan bintang tamu dalam acara talkshow Hitam Putih. Hasil penelitian ini ditemukan dua jenis variasi bahasa yang terdapat dalam acara talkshow Hitam Putih dalam episode Anak Petani jadi TNI, yaitu (1) variasi bahasa dari segi sarana yaitu ragam lisan, dan (2) variasi bahasa dari segi keformalan, antara lain (a) ragam resmi, (b) ragam santai. Hasil penelitian ini diimplikasikan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA untuk melatih keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan konteks, serta sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum 2013 SMA. Kompetensi inti yang digunakan adalah KI-1 yaitu, menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya dan KI-2 yaitu, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. Selanjutnya, pada Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah dan Kompetensi Dasar 4.6 Mengontruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat. Kata Kunci: variasi bahasa, talkshow, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:10
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56507

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir